11/28/2015

Postingan (Sok) Traveler: Kuala Lumpur

Ini dia postingan yang gue tunggu-tunggu. Tulisan sok traveling! Yes, akhirnya! Hahaha alay banget ya gue. Tapi tapi tapi akhirnya bisa nulis lagi tentang jalan-jalan setelah sekiaaan lama. Gak tau deh, gue ngerasa udah lama banget gak jalan-jalan ke tempat selain Jakarta. Kayaknya sih terakhir ke Bandung gara-gara ada Pasar Seni ITB 2014. Yha tahun lalu.

Untuk perjalanan ke luar negeri, ini memang bukan yang pertama kali. Negara Malaysia juga bukan baru pertama kali gue kunjungi, tapi untuk arrived di KLIA dan explore Kuala Lumpur baru pertama kali gue lakuin. Palingan waktu kecil gue ke Johor karena deket kan dari Singapura bisa naik bis. Tapi kalo dari Johor ke KL jauh banget geng bisa 4 jam perjalanan.

Nah! Persiapan pertama dimulai dari buat paspor. Karena terakhir kali gue ke luar negeri itu tahun 2010, paspor gue udah expired dong. Jadi, buat paspor itu wajib.  Persiapan lainnya standar aja kayak mau pergi jauh, tapi yang gak ketinggalan: jangan lupa bawa: payung, hairdryer, colokan kaki tiga, dan sandal/sepatu cadangan. Dua dari keempat hal tersebut gue bawa, sisanya enggak. Nyesel. Jadi karena emang masih kawasan Asia Tenggara, iklimnya gak jauh beda lah yah. Dan nyampe sana bener banget hujan deras tiap sore. Kalo sandal/sepatu cadangan ini wajib dibawa karena di luar negeri kita akan banyak sekali jalan kaki, biasanya "sifat asli" dari sandal/sepatu kita keluar tuh. Hikz sedih banget kalo rusak di negara orang, budget yang ada kan sayang kalo dibuat beli sepatu padahal gak butuh-butuh banget. Mending buat beli kitkat greentea berlabel halal.

Setelah semuanya siap, jangan lupa kalo mau keluar negeri beli tiketnya jauh-jauh hari biar harganya lebih murah. Dan jangan skip juga yak pergi ke bandara. Untuk penerbangan internasional dianjurkan untuk check-in 2 jam sebelum jadwal take off.

Nyampe di KLIA, ternyata gue arrived  di KLIA2. Gak ngerti sih bedanya apa, mungkin kalo di bandara Soetta kayak terminal 1 atau 2 atau 3 gitu deh. Yang jelas dari turun pesawat jalan sampe arrival hall-nya jauh banget geng. Tapi untungnya sepanjang perjalanan (kaki) itu disamping-sampingnya banyak toilet.

DAY 1:

Nah, dari KLIA2 untuk ke KL Sentral bisa naik bis atau kereta. Untungnya kalo gue ada yang jemput haha. Dan pas di perjalanan ke KL, diajak dulu buat jalan-jalan ke Kawasan Pemerintahan Putrajaya. Jadi, Putrajaya merupakan pusat pemerintahan Malaysia, terpisah dari pusat ekonomi dan bisnis. Indonesia juga pernah wacana kan tapi gagal terus. Menurut sumber (orang yang nganter gue dan Tika), sebenarnya lokasi pemerintahan yang terpisah di Malaysia juga sempat menuai pro dan kontra, tapi ujung-ujungnya terwujud. Dan orang yang tadinya kontra malah justru sekarang memuji kawasan ini. Rapih.
Jembatan di Kawasan Pemerintahan Malaysia Putrajaya

Salah satu masjid di kawasan pemerintahan, biasa disebut Masjid Putra atau Masjid Pink
Gedung di belakang gue itu Istana Perdana Menteri. Di depan gedung ini ada bunderan besar yang tengahnya diisi dengan bendera-bendera negara bagian Malaysia

Nah, segaris dengan Istana Perdana Menteri, ada yang namanya Putrajaya International Convention Centre. Ini foto yang diambil dari atas PICC. Gedungnya rada naik ke bukit gitu, jadi dari atas sini bisa lihat pemandangan kawasan pemerintahan Putrajaya

Hari pertama tiba di Malaysia hanya sempat muter-muter Putrajaya. Selanjutnya kita caw ke KL dan cari-cari hotel hingga akhirnya memutuskan untuk nginep di kawasan Bukit Bintang. Kawasan turis, cukup padat. Tapi emang sengaja gue sama Tika mau cari tempat yang ramai biar gak sepi-sepi amat gitu. Karena tipe perjalanan gue yang backpacker banget alias ngirit, jadi kita cari hotel yang paling murah. Dengan range harga per malam RM 70 - RM 100, sudah bisa dapat penginapan dengan kamar mandi dalam, double bed, AC, TV, dan gratis wifi! Nah, free wifi-nya itu loh memuaskan sekali. Internet disini ngebut dan cukup stabil.

DAY 2:

Hari kedua gue dan Tika sudah bangun dari jam 4 pagi. Gue bingung kan yha ni di KL subuhnya jam berapa.... Kalo kata orang yang nganter gue sama Tika sih jam 6 kurang subuhnya. Tapi kita kayak gak percaya gitu hikz takut kesiangan subuhnya. Eh tapi bener ternyata adzan subuh di TVnya juga sekitar jam 6 kurang. Pukul 6 lewat kita sudah rapih buat memulai perjalanan ke University of Malaya (UM). Pas keluar hotel eksptektasinya udah terang eeeee ternyata masih gelap gulita hikz kepagian. Ternyata kalo di Indonesia tuh masih jam 5 gitu. Iya sih emang beda waktunya sejam.

Dari Bukit Bintang kita naik taksi buat ke Ampang Park (Stasiun LRT). Tapi ternyata salah naik taksi. Malah naik taksi biru. Terus KOK MAHAL. Ternyata kalo di Indonesia semacam silver bird gitu lah yha. Hikz backpacker gagal. Nyampe Ampang Park kita naik LRT ke Stasiun Universiti, stasiun terdekat untuk ke UM. Nah, disini beli tiket keretanya gak kayak di Jakarta. Belinya otomatis, kayak di Singapura gitu deh. Ada mesinnya, tinggal klik sana klik sini, masukin uang, keluar deh tokennya warna biru seukuran tutup botol tapi bentuknya kayak kancing baju. Waduu rawan banget keselip nih. Biayanya juga cukup murah, dan yang lebih hebatnya lagi, keretanya cepet banget datengnya. Tanpa masinis lagi! Keren masa ;" Sebagai anker (anak kereta), rasanya beda banget naik kereta disana. Di KL, segalanya lebih ramah sama orang-orang yang disable. Jarak peron ke kereta hampir gak ada, jadi orang yang berkursi roda bisa banget hidup mandiri keliling-keliling buat jalan-jalan. Beda banget coy sama Stasiun Cawang atau Pocin.

Dari stasiun LRT tersebut, tinggal naik RapidKL buat sampe ke UM. RapidKL itu bis yang pas masuk kita bayarnya masukin uang pas ke semacam celengan gitu terus nanti supirnya ngasih tiketnya. Harganya tetap yaitu jauh dekat RM 1. Nah pas pertama naik kan bingung yak harus gimana wgwg jadinya gak nyiapin uang RM 1, dan pas ngambil uang jadi lama, terus jadi banyak yang ngantri di belakang, terus.... dimarahin abang supir :"

RapidKL ini hebatnya masuk ke dalam lingkungan kampus, tapi dia gak berhenti di seluruh halte. Karena bingung haurs turun dimana, jadinya gue dan Tika turun asal-asal aja dan akibatnya harus jalan kaki sekitar 30 menit ke lokasi konferensi. Hikz. Ternyata ada bis mahasiswa, ya semacam bikun gitu, yang berhenti di seluruh halte UM. Nah, dari RapidKL buat transfer naik bis UM, tinggal transit di halte Perpustakaan UM atau yang biasa mereka sebut UM Centre.

Dari pagi sampai sore full di tempat konferensi. Tepatnya di Akademi Pengajian Islam (Acadmey of Islamic Studies). MasyaAllah isinya ukhti-ukhti dan akhi-akhi semua. Ukhti-ukhtinya cantik-cantik dan adem banget ngeliat mereka hahaha (berhubung ngeliatin akhi-akhi itu gak boleh karena bukan muhrim). Serunya di UM adalah wifinya kenceng dan stabil, dan untuk mengaksesnya tidak perlu SSO! Haha emang kampusku tercinta yang wifinya khusus mahasiswa doang dan hilang-hilangan lagi sinyalnya...
Menara Petronas, atau kalau orang sana lebih akrab dengan Twin Tower
Pulang dari konferensi, hujan deras dan petir menyambar-nyambar. Jalanan becek dan macet. Tapi untungnya pas nyampe KLCC hujannya sudah reda jadi bisa foto-foto yeay. Dari stasiun Universiti ke KLCC bisa ditempuh dengan naik LRT sekitar 15 menit. Dari situ gue sama Tika bingung kan mana nih Twin Towernya katanya deket... Yaudah Tika nanya tuh ke "mak'cik", dan ternyata, Twin Towernya..... ada.... di...
                                                                                                            ................................sebelah kita.

Saking gedenya omgnya gak keliatan!
Pertama kali ngeliat ngeri-ngeri gimana gitu

Agak susah untuk ngambil foto (objek) yang bagus di malam hari, karena jatohnya jadi backlight. Sekalinya pake flash eh minyak wajah keliatan semua :"

Setelah akhirnya mendapatkan foto yang (lumayan deh) bagus. Gue dan Tika memutuskan untuk balik ke hotel. Kata orang sih dari KLCC ke Bukit Bintang deket, kata pak satpam juga cuma 10 menit. Eeeee taunya pas dijalanin nyampe dah tuh 30 menit perjalanan kaki yang sungguh melelahkan. Betenya lagi, jadi kita dapet tas besar hitam dari konferensi, yaudah deh bawa-bawa tas besar hitam melewati mall-mall terbesar di KL, hikz dah kayak TKW sih kita. Gagal mau foto-foto ala-ala gitu kan. Padahal lewatin mall Pavilion, Fahrenheit, dll. Anyway, gue sama sekali gak tertarik untuk masuk/jalan-jalan ke mall tsb. karena gimana ya...... di Jakarta juga ada. Pas masuk rasanya sama aja kayak gue masuk Kokas. Hahaha (alibi backpacker yang dananya terbatas).

DAY 3:

Di hari ketiga gue dan Tika berada di Kuala Lumpur, kita jalan-jalannya udah gak berduaan lagi. Tapi bareng sama mahasiswa dari Aceh yang baru kenalan pas paginya. Indahnya ukhuwah islamiyah, semangat kebangsaan dan perasaan senasib (mahasiswa), yang buat kita asik banget jalan barengnya. Udah kayak kenal lama padahal baru paginya kita kenalan. Mereka ikut jalan sama kita karena ngerasain naik bis, kereta, dll. Mereka selama disana selalu dianter jemput, hmm makanya gue sama Tika udah kayak tour guide naik LRT haha. Karena sudah hari terakhir juga, gue dan Tika memutuskan untuk ngajak mereka jalan ke Pasar Seni atau Central Market buat belanja oleh-oleh. Gak banyak yang dibeli gue dan Tika (kalau mereka sih banyak). Gue dan Tika cuma beli hal-hal yang sekiranya unik, lucu, murah, dan emang ada tujuannya saat membeli (buat siapa gitu barangnya). Ini juga tips nih buat belanja oleh-oleh, jangan sampai kalap! Kalo sekiranya barang itu ada di Indonesia, ngapain dibeli? Jadi, beli yang pasti-pasti aja yah!

Pasar Seni atau Central Market, yhaa 11;12 Tanah Abang lah yha tapi lebih rapih sih. (Edisi lagi nungguin yang lain belanja)

Difotoin sama satpam India, udah lama-lama fotonya, eh tulisan "Central Market" gak keliatan, hm sip mz.

Gak ngerti deh makan apa, yang penting murah hikz.

Mencoba foto kembali di KLCC. Mayan sih mukanya keliatan, walaupun backgroundnya gak jelas apa :"

Dari Pasar Seni, mereka ngajak lagi ke KLCC buat foto-foto titipan dari teman-teman mereka. Jadi mereka juga ngaish oleh-oleh ke teman-teman mereka berupa pesan-pesan yang ditulis tangan terus difoto dengan background Twin Tower. Kreatif! Terus gue sama Tika ikut-ikutan. Terus pegel.... Terus ternyata udah malem banget. Terus pulang naik bis GOKL (bis KLCC-Bukit Bintang yang gratis, dan ini baru gue ketahui di hari terakhir gue di KL! Sial) yang terakhir. Untungnya :"

***

TIPS BELANJA OLEH-OLEH DI LUAR NEGERI
1. Jangan dilakukan di hari terakhir. Kita gak bisa prediksi apa yang terjadi di hari terakhir, apakah harus lebih dulu ke airport atau bagaimana
2. Kalau bisa dilakukan di hari pertama atau kedua
3. Kalau udah hari ketiga dan menemukan barang unik di supermarket, beli aja! Dibandingkan ngarep "Ah nanti juga di bandara ada" Hm belum tentu mz/mb.
4. Tanya temen dimana tempat yang murah beli oleh-oleh
5. Jangan kalap! Kalau ada barang yang sebenearnya di Indonesia juga ada, gak usah dibeli yah. Plis. Demi kantong yang lebih sejahtera.
6. Gue prefer beli camilan sih kalau ke Malaysia, berhubung udah ada juga gantungan kunci di rumah. Saran camilan: kitkat greentea berlabel halal, berbagai jenis kinder (disini lebih murah), alitea (teh tarik), dan ali cafe (kopi). Nah dapet saran dari temen kalo beli oleh-oleh camilan itu di Sungei Wang, mall yang gak terlalu mahal, ada di kawasan Bukit Bintang. Selamat belanja! :)

AKHIRNYA BISA POSTING SOK TRAVELER. Padahal mah tujuan utamanya ke KL kan konferensi, jadinya gak punya banyak waktu juga buat explore  sana sini. Tapi tak ape lah, mungkin lain kali dapat kesempatan lagi jalan-jalan kesana. Ke Genting, Gombak, dll. Doain aja yah ada rezekinya. Aamiin!