10/19/2015

Apa yang kita sebut: Rehat

Selamat pagi, siang, malam.
Untuk seluruh ikan di lautan.

Sudah seabad yang lalu rasanya gue ngetik di posting box yang pojok kiri atasnya ada lambang blogger. Kadang mikir, "Gila, segitu gak punya waktunya ya gue?" 

Terus tadi sempet liat-liat previous post, wah cepet juga ya baru beberapa kali klik udah nyampe posting sebelum pubertas *lebay

Padahal sih, pas kuliah ini lebih banyak yang pengen gue sampein. Lebih banyak hal luar biasa yang terjadi di sekitar gue, lebih banyak tokoh inspiratif, dan lebih banyak hal bermanfaat yang bercapkan "DUNIA WAJIB TAU!". Well, dibanding posting waktu SMP atau SMA yang isinya...........gitu. Gak usah dibahas ya. 

Alasan kenapa gue ngetik di box ini bukan di word (ngerjain laprak) atau powerpoint (ngerjain presentasi Sosio), adalah karena gue butuh yang namanya: Rehat. Udah setahun yang lalu kayaknya gue ngelakuin apa yang gue suka: baca dan nulis. Ya ampun, rasanya masa SMA tuh indah banget ya kalo nginget gue bisa baca Supernova-nya Dee, 4 buku dalam waktu kurang dari 1 bulan! Padahal di tengah-tengah sibuknya ngambis buat UN. Dan kalo inget SMA, jadi inget masa-masa kejayaan kursimala.tumblr.com yang penuh tiap harinya sama postingan karya sastra dari 5 dewasa muda yang sok-sok-an ngerti sastra. Dan, ya, se-kangen itu.

Entah kenapa, ya mungkin karena banyak dosa juga, gue merasa tidak bisa melakukan hal-hal itu lagi di sela-sela padatnya perkuliahan. Bahkan dengan hobi gue sendiri pun gue terkadang jenuh, contoh: ngedit video. Dulu rasanya girang banget kalo dapet kesempatan buat ngedit video. Gak ada tugas apa-apa aja, bikin video. Apa-apa direkam, diedit. Hasilnya? Gak dipublikasi kemana-mana sih, buat kenangan aja hehe. Tapi sekarang bahkan untuk ngedit video pun gue jenuh, butuh inspirasi! 

Manusia butuh inspirasi tapi kadang lupa sama Yang Memberi Inspirasi.

***

Rehat. Sesederhana katanya; cukup 5 huruf.
Tapi sering disalah artikan. 

"Kamu sedang rehat, atau sedang malas?"

(((jleb)))

***

Tunggu, tunggu. Sebenernya yang gue butuhin itu rehatnya atau motivasi buat gak malas ya? Kadang susah geng buat bedain rehat sama malas. "Duh! Gue butuh istirahat!" Sebenernya beneran butuh istirahat apa kitanya aja sih yang gak tahan banting? Baru gitu doang udah ngeluh mau refreshing. Giliran dikasih libur 3 bulan, gak dimanfaatin dengan maksimal. Pas dikasih kuliah 6 bulan, ngerengek minta libur lagi. Duh, mahasiswa. Maunya apa sih. Gitu doang kok udah ngeluh capek? Padahal ada rakyat Indonesia yang nitipin harapan di pundaknya. 

Tapi, menurut gue, gak salah kok kalo kita harus rehat sejenak. Hitung-hitung buat refleksi diri sendiri, evaluasi pribadi. Ya, tinggal gimana kita memaknai dan menafaatkan waktu rehat yang kita punya. Sering kali kita justru salah dalam menafaatkan waktu rehat tersebut, padahal kan waktu rehat tuh mahal ya apalagi di zaman yang everything moves fast. Kayak misalnya: lo punya waktu luang tapi malah lo habisin buat ngurusin hidup orang lain yang gak penting-penting banget gitu loh buat diurusin, kayak stalking mantan contohnya. Cuma contoh loh ya. Gak, gue gak punya mantan. 

Sebenernya mau nulis lebih panjang. Mau cerita tentang Bakti Sosial Pasca OKK (BAKPAO) 2015 yang angkat isu cuci tangan dengan sabun dan hubungannya dengan pesan zaman maba "Jangan lupa cuci tangan, ya!" yang gue katakan setiap ditanya "Pesan lo apa Git? Buat buku Mabim, nih." Mau cerita juga pengalaman jadi kontingen FKM di OIM Quiz, yang sebenernya berawal dari mimpi pas maba: "Pengen banget jadi kontingen quiz! Tapi bisa gak ya tahun depan?" dan ternyata terwujud. Banyak deh yang mau diceritain. Ada Pak Akay sang tokoh inspiratif yang gue beri label "DUNIA WAJIB TAU!" daaaan masih banyak lagi. Tapi apa daya waktu rehat ku hanya sebentar. Ku kan kembali setelah Bakpao minggu ini kelar dan setelah melewati perihnya--dan berdarahnya-- pertengahan bulan Oktober dengan berbagai UTS dan ujiannya (serta tugasnya!).

Jadi, chill out, take your time, rehat bentar :D 

Sampai ketemu beberapa minggu lagi! (I'll keep it post!)

Jumpa lain waktu?

Love,
Gita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar