8/17/2015

Merdeka Bukan Hanya Tentang Manusia

Ketika semua orang menulis tentang kemerdekaan, aku menulis tentang yang lain saja ya?

***
Sebenernya tulisan ini udah lama mau gue buat, pengen banget cerita tentang ini. Tapi as you know gue mager...
(Gue kangen sih sama masa-masa dimana menulis itu jadi kebutuhan dan belum ditemukan kata mager yang justru membuat orang tambah males; sama seperti kata galau yang ngetren dan justru bikin orang jadi galau beneran)

Anyway, harusnya posting ini dipublish saat tanggal 8 Agustus lalu karena akan lebih pas. Yap! Saat World Cat Day; hari kucing sedunia.

Posting ini akan bercerita banyak tentang kucing, jadi buat yang gak mau baca, simply close your tab. Dan mungkin posting ini juga yang akan ngejelasin kata "prislie" di "gitaprislie". Jadi, gak usah nanya-nanya lagi ya, "Git, Prislie itu nama siapa sih?"

Pertama kali gue kenal kucing.... mm gak inget sih umur berapa. Tapi yang jelas, sejak kecil ibu gue mengenalkan gue ke banyak binatang. Gue suka ikan, kura-kura, kuda, dan seneng banget kalo diajak ke kebun binatang. Ya, walaupun gue takut sama ayam dan anjing (dan kecoa, dan cicak, dan ular, dan binatang lainnya; banyak takutnya ternyata). Nah, tapi saat pertama gue bener-bener suka kucing dan memelihara kucing itu waktu gue kelas 5 SD.

Jadi awalnya tante gue melihara kucing anggora putih yang diberi nama Pisin. Suatu hari Pisin ini hilang diculik orang, yang nyulik gak mau ngaku. Tante gue sedih banget. Kita sampe keliling komplek naik sepeda buat nyebar brosur Dicari Kucing Hilang. Pencarian pun berujung tanpa hasil. Dari situ, ibu gue mulai ikut-ikutan tante gue buat beli kucing anggora.


Kucing anggora jantan pertama gue namanya Radja (terinspirasi band yang saat itu lagi super ngehits; ya band Radja dengan vokalis Ian Kasella) dan biasa dipanggil Aja. Si Aja ini gemay banget, motif bulunya kayak kucing hutan. Sesuai motifnya, kelakukannya juga kayak kucing hutan. Lari sana lari sini, lompat sana lompat sini. Sebagai anak kecil gue suka banget sama Aja. Setiap pulang sekolah, gue selalu ngajak temen-temen gue buat dateng ke rimah menyaksikan atraksi sirkus Gita-Aja. Gue berasa pawangnya gitu hahaha. Masa kecil yang indah.

Hingga suatu hari Aja jatuh sakit. Badannya panas, ada gumpalan di bagian perutnya. Mama yang belom ngerti banyak tentang merawat kucing anggora, akhirnya bawa Aja ke dokter. Disitulah ternyata bencana datang. Aja terkena malpraktek dan tak lama kemudian ia menghembuskan napas terakhinya.

Gue inget banget saat Ibu gue berusaha menjelaskan tentang kematian ke gue. Saat itu gue pulang sekolah dijemput Ibu gue. Pas mobil udah mau deket rumah, Mama coba jelasin ke gue secara perlahan. "Gita, Gita tau kan kalau semua hal di dunia ini bakal menghadapi kematian? Tadi pagi Aja udah mati." Disitu gue langsung nangis kejer.

Semaleman gue nangis gak berehenti sambil nulis diary. Bahkan gue membulat-bulatkan air mata gue yang netes ke buku diary (kayak adegan Habibie buletin air matanya yang jatoh ke surat yang dia tulis di film Habibie & Ainun). Gue gak berhenti nanya ke orang tua gue, "Apa kucing bisa reinkarnasi? Aja bahagia gak di surga? Mungkin gak dia terlahir kembali?" Ya, untuk anak umur segitu gue akui pertanyaan ini cukup kritis berikut miris.

Gak lama dari kematian Aja, orang tua gue gak tega liat gue yang sedih terus dan pada dasarnya juga Mama suka binatang. Jadilah hadir kembali seekor kucing anggora jantan yang mirip dengan Aja di rumah gue, namanya Jco. Jco ini badannya besar, giginya runcing. Agak nyeremin sih. Ibu gue selalu kabur tiap Jco nyamperin karena takut digigit. Gue dan adek-adek gue juga dilarang main lama-lama sama Jco. Sampai akhirnya kita sadar kalo Jco nyamperin kita kalo dia ternyata mau disayang dan dimanja; gak ada niatan dia buat melukai kita. Gue lupa Jco berakhir dimana, yang jelas Jco gak lama ada di keluarga kita. Setelah itu ada kucing baru, kali ini anggora betina. Namanya Jlo. Yang gue inget Jlo ini beda banget dari Aja dan Jco. Dia pemalu, saking pemalunya kalo kita kagetin dikit dia suka jadi kaget banget sampe pup di kesetan.... hahaha. Gak lama Jlo sama kita, dia mati karena sakit usus. Memori detail gue tentang kucing hanya sampai situ. Karena sejak saat itu, gue sekeluarga mulai melihara banyak sekali kucing.

Ada yang namanya Cimot, dia sempat sakit telinga, terus udah sembuh dan dia diadopsi keluarga lain. Pernah juga ada yang namanya Diego dan Dora. Diego ini kalo gak salah berakhir hilang. Yang gue inget, mereka lucu-lucu banget. Apalagi Dora, sukanya kejar kecoa. Jadinya di rumah gue bebas kecoa. Tapi karena sifatnya gak bisa diem, Dora sempet keguhuran pas hamil, dan gak lama dari itu dia mati.
Ini si Bule

Liat kan tuh kayak gumpalan bulu

Ini namanya Lala
Gue juga pernah punya kucing persia namanya Lala dan Bule. Lala kucing betina yang suka tidur di atas keyboard komputer dan suka tidur di belakang punggung orang juga! Jadi kalo gue tidur siang menghadap ke samping, gue suka kebangun karena merasakan hangat-hangat di punggung gue dan ternyata itu adalah punggung Lala yang tidur dengan posisi yang sama dengan gue. Kalo Bule dia kucing jantan yang bertubuh besar dan lebat bulunya. Gue suka mamerin dia ke temen-temen SD kalo lagi main ke rumah. Bahkan, kalo pelajaran komputer kan harus lepas sepatu, gumpalan bulu Bule suka nempel di kaos kaki gue dan membuat teman-teman gue keheranan, "Bulu apa itu? Kok warna oren?"

Yang belakang Pedro, yang depan Ipeh. Dulu gue sampe bikin rumah kucing. Jadi, kandang besar yang permanen. Kalo mau main sama kucing tinggal masuk ke rumah kecil ini.

Ada juga yang namanya Ipeh. Dia kucing indukan yang beranak banyak. Terus dia dikawinin lagi sama anaknya sendiri yang bernama Cemong. Lahirlah si Kumis. Cemong dan Kumis ini dipelihara tante gue. Gak lama habis lahirin Kumis, Ipeh mati karena suatu masalah di rahimnya. Umur Cemong dan Kumis panjang, sekitar 7 tahun. Cemong mati karena keracunan racun tikus dan karena umur juga mungkin. Kumis mati gak lama setelah Cemong mati, karena dilindes mobil orang.

Gue juga pernah punya kucing namanya Borti. Dia suka banget bau keringet manusia! Kalo hilang, mm udah pasti deh dia ada di tumpukan pakaian kotor. Entah kenapa itu temoat favorit dia. Saking sukanya sama keringet manusia, dia suka mijet dan jilatin ketiak orang-orang juga. Lucu deh pokoknya kelakuannya aneh-aneh. Dan gak setiap kucing sifatnya sama. Pernah gue juga punya kucing namanya Marco, Melon, Abu, Manda, Izzy, Venus, Garong, Jupe, Juki, Chibi, dan masih banyak lagi sampe gue lupa namanya.





Namanya Garong kalo gak salah


Ini namanya Michele, dia seangkatan sama Diego.


Ini Abu. Dia gagah banget kan,



Ini kakak beradik Izzy-Venus!

Lucu banget kan mereka kompak.

Gak jarang juga gue melihara kucing lokal, tapi gak lama biasanya meliharanya. Abis itu ditaro ke tempat lain.

Ini Pedro, dia masih idup loh! Umurnya sekitar 8 tahun. Dia dipeliara sama temen Mama.

Ini namanya Mona. Kucing lokal yang setahun lalu gue pelihara. Dia sampe beranak di rumah.

Anak-anak Mona

Gemes kan anak-anaknya.

Ini Chibi. Kucing yang gue pelihara sekitar 2 tahun lalu, dapet dari temen gue.
Nah gue juga pernah punya kucing namanya Prislie. Prislie ini kucing persia betina yang motifnya mirip Aja. Miriiip banget. Ya mungkin karena kemiripan Prislie dengan Aja, gue jadi sayang banget sama Prislie. Walaupun dia bukan tipe kucing kalem yang manja sama manusia. Dia cenderung cuek. Tapi gue sayang banget sama Prislie. Sampai akhirnya dia melahirkan, ternyata dia gak bisa ngurus anaknya. Dia cuek dan malah pecicilan. Karena takut ribet negrawatnya, akhirnya Prislie diadopsi orang lain. Disitu gue sdih banget, gue bete banget sama keputusan yang diambil Ibu gue tanpa nanya ke gue. Seperti layaknya anak SMP yang emosinya sangat labil dan baru mengenal dunia internet, akhirnya seluruh akun gue ada unsur nama Prislie-nya. Mulai dari email: prislie_meow@yahoo.co.id sampai ke username twitter @gitaprislie (sampai akhirnya gue ganti jadi @gitkar_ di tahun 2013) dan akun gmail: gitaprislie@gmail.com.

Ini Prislie dan anaknya.
Darimana gue dapet kucing-kucing itu? Jadi, mulai dari melihara Aja, Ibu gue mulai beliin gue buku-buku cara merawat kucing. Gue suka banget tuuh, banhak deh buku kita tentang kucing (tapi sekarang udah hilang karena kebanjiran dan rumah gue pindah-pindah). Terus kita juga hunting kucing di iklan-iklan koran, sampe kita datengin catery (peternakan kucing) yang sudah bersertifikat. Kayak Izzy dan Venus itu kucing paling mahal yang pernah gue punya karena mereka berdua kucing sertifikat.

Lebih sulit emang kalo melihara kucing persia. Kalo sakit, wih panik banget kita. Karena dibanding kucing lokal, daya tahan tubuhnya lemah banget. Untuk urusan melahirkan aja, kucing persia gak bisa mandiri kayak kucing lokal. Contohnya si Prislie yang lahiran harus dibantu, gak bisa ditinggal sama sekali. Dan untuk biaya perawatan juga lumayan banget. Belom lagi kalo kena jamur atau kutu. Harus ekstra sabar ngobatinnya. Sama kalo telinganya infeksi, gak tega banget ngeliatnya dan dibutuhkan kesabaran luar biasa buat ngobatinnya.

Tapi semua itu akan terbayar sama kelucuan mereka. Rasanya kalo lagi bete tuh langsung seneng ngeliat mereka bertingkah. Aneh-aneh aja loh, dan ada aja gitu ciri khas tiap kucing. Mereka gak ada yang sama walaupun kakak adik atau motif bulunya sama. Bener-bener unik. Dan yang bikin gue bersyukur, justru karena gue tumbuh besar bersama mereka gue jadi merasa lebih bisa mengontrol emosi gue dan menumbuhkan rasa empati, serta belajar tanggung jawab.

Dari kecil gue diajarin buat tanggung jawab kasih makin kucing, kasih minum, masukin ke kandang kalo udah malem, dan hal-hal sepele lainnya tapi justru ngajarin kita banyak hal. Dan sebenernya gak cuma kucing aja sih. Gue juga pernah melihara ikan, kura-kura brazil (kayak kartun Little Franklin, tau kan?), pernah melihara hamste juga namanya Popoy dan Perry. Pernah melihara anjing juga sih sebenernya, tapi cuma sekedar dikasih makan aja tiap dateng, gak bener-bener dipelihara kayak kucing karena guenya juga takut dan liurnya najis juga kan.
Miku waktu kecil, masih culun banget kan.


Sekarang ini gue cuma punya kucing satu dan dia dipelihara di dalem rumah. Dari umur 5 bulan cuma kenal sama keluarga gue doang, jadinya kita deket banget. Namanya Miku. Dia kucing betina yang menurut gue, pas banget sama kriteria kucing idaman. Lucu, gemes, baik, mau diapain aja, dan seru diajak main. Pokoknya pas banget sama gue dan keluarga gue. Kita sayang banget sama Miku. Gue sekeluarga juga berharap Miku umurnya panjang, jadi kalo gue punya anak nanti, gue bisa ngenalin Miku ke anak gue betapa baiknya kucing ini. Gue sayang banget sama Miku. Sampe pernah gue bayangin Miku gak ada (hilang atau mati), gue gak kuat banget, langsung nangis. Gak kebayang deh kalo gak ada Miku. Sekeluarga udah anggap Miku kayak bagian dari kita. Gue mau kalo gue nikah nanti, gue foto sama Miku:( Dan gue juga selalu berharap Miku juga bahagia tinggal sama kita.

Emang pada dasarnya Ibu gue suka sama binatang (bahkan beliau pernah melihara monyet juga waktu muda), jadi ya anak-anaknya juga gak benci hewan. Tapi setelah gue pikir-pikir, bukannya emang kewajiban setiap manusia ya menyayangi mahkluk hidup lainnya? Gue ngerasa manusia egois banget kalo gak sayang sama hewan dan tumbuhan. Loh, bumi diciptakan bukan hanya untuk manusia kan? Tapi kita punya hak yang sama dengan tumbuhan dan hewan untuk hidup selayaknya kita ditakdirkan.

Egois juga rasanya manusia jika mengartikan merdeka hanya sebatas tentang dirinya. Tentang bagaimana perekonomian bangsanya, tentang politik dan sebagainya. Bagaimana dengan hutan-hutan yang ditebang? Bagaimana dengan harimau sumatera yang rumahnya kita jajah? Bagaimana dengan orang utan yang habitatnya kita rusak? Bagaimana dengan gajah yang dibunuh hanya untuk diambil gadingnya? Bagaimana dengan anak-anak gajah yang kehilangan induk mereka karena kelakuan si manusia tak berperasaan? Bagaimana dengan paus yang diburu? Merdeka katamu?

Kadang, aku malu jadi manusia, kalau harus digolongkan bersama kalian yang tak tau adab memperlakukan bumi dan seisinya.

Jakarta, 17 Agustus 2015.
Merdeka bukan hanya tentang manusia.

Gita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar