6/29/2014

SEMANGAT! πŸ™Œ

Assalamualaikum guys! Hari pertama puasa nih. Yuk tetep semangat!
.
Tetep semangat
.
Semangat
.
Mangat
.
ngat.
*bunyi perut*

Wkwk apa banget yak gue. Tapi emg masih belum terbiasa soalnya kemaren-kemaren gue lagi lahap-lahapnya makan (berhubung PMS kayaknya) hihi tapi gak apa-apa, harus tetap semangat! (Lol gak ada yang peduli juga x Git)

Hai. Inget gak kalo gue pernah nulis tentang kegagalan gue setelah lulus SMP? Atau inget gak gue pernah nulis tentang mimpi gue yang awalnya pengen bgtbgtbgtt Psikologi UI jadi FKM UI? (Gue sendiri lupa sih tapi barusan abis liat-liat posting lama --yah ketauan deh ngepoin diri sendiri huhu.)

Alhamdulillah kita ketemu lagi di Bulan Ramadhan. Dan alhamdulillah, doa gue di ramadhan tahun lalu telah terjawab tahun ini.  :")
Sekarang gue terdaftar sebagai mahasiswa baru (maba) FKM UI dari jurusan Gizi. Gak nyangka. Gue.

Walaupun menurut orang di luar sana (ADA LOH ADA) FKM itu gak seWOW FK FT FH FE dll gt deh huft. Tapi gue tetep bangga bisa jadi anak FKM. Kenapa?

Gue belom mulai kuliah juga sih jadinya gue belom bisa rasain secara langsung keseruan jadi anak FKM. Tapi coba liat dari sisi perjuangannya. Perjuangan individu buat mendapatkannya, gak gampang loh. Coba orientasinya mulai diubah dari "hasil" ke "proses" :)

Bukan masalah passing grade ya, dan sering banget orang DI LUAR SANA ngejudge kualitas diri kita dari sepopuler apa Fakultas lo. Huft ini salah banget. Semua Fakultas/Jurusan tuh sama berharganya menurut gue. Sukses atau gaknya lo juga ditentuin sama diri lo sendiri, bukan Fakultas lo.

Contohnya gue, kenapa gue milih Gizi? (Mungkin pendapat gue bisa jadi referensi teman-teman yang naik kelas 12 buat milih jurusan dI SNMPTN nanti)

Awalnya gue cuma minat FKM, gak tau banyak tentang jurusan Gizi. Gue mikir, apa ya yang bergerak di bidang kesehatan  tapi aktif di bidang kemasyarakatan? Jawabannya: Kesehatan Masyarakat.

Wow gila menurut gue keren banget. Dan setelah gue browsing-browsing ternyata ada jurusan Gizi. Dan setelah cari tau lebih dalam, ternyata matkul Gizi seru bgtbgtan! Ada masak-masaknya gitu! Yaa gue gak hobi masak sih tapi gue juga bukan yang anti-dapur. Dan gue mikir, "Wah keren nih bisa belajar hal baru banget."

Dan gak belajar kalkulus gtt deh wow keren seneng banget. Emang pada dasarnya gue gak suka banget Teknik. Mungkin gue mampu, mampu gila. Pokoknya it's really not my passion at all. Gue bahkan mikir untuk murtad aja dari IPA ke IPS. Tapi takut gak keterima SNMPTN. Dan diri ini tak sanggup jika harus ambil SBMPTN IPS (I CAN'T STAND ECONOMY).

Jadii ya apalagi ya yang Fakultas dasarnya IPA tapi ada IPSnya juga gitu. Jadi kayak campuran: FKM.

Balik lagi: kenapa Gizi? Karena gue suka makan. Serius. Setiap orang juga suka kan? Okay, lo gak suka makan. Tapi lo butuh makan kan? Dan menurut gue dengan memperhatikan asupan gizi, itu merupakan usaha preventif yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan kesehatan kita. Iya gak?

Dan kalo gue jadi Ahli Gizi, gue tetep dipanggil "Bu Dokter" wkwk awalnya gue kira  bakal dipanggil "Ahli" kan anti - mainstream tuh wakak sayangnya tidak. Nah ngomong-ngomong soal dokter, kenapa gue gak pilih FK? Karena gue gak mau jadi dokter.

Tahun lalu sekitar bulan Oktober gue dateng BKUI 2014, dan disitu dapet semacam booklet gitu yang isinya tentang fakultas-fakultas di UI. Ternyata Gizi peluang kerjanya luas banget loh! Mulai dari kerja di RS, kerja di perusahaan, sampe bikin usaha sendiri. Ya karena gizi kan berhubungan sama makanan. Dan setiap dari kita butuh makanan. Jadi ya gitu. Prospeknya bagus dan luas. (Berhubung gue orangnya bosenan kalo terpaku pada 1 pekerjaan aja)

Nah jadi, tentuin pilihan Univ/PTN gak usah ikut-ikutan temen. Cari tau sendiri bidang yang lo sukain. Kapan  lagi coba bisa milih lo mau ahli di bidang apa? Jangan karena temen pilih Sipil, lo ikutan padahal lo gak suka Fisika. Atau lo pilih FH buat gengsi, padahal lo gak suka Hukum. Atau lo pilih FK padahal lo sukanya FE. Jangan.

Atau karena lo ngerasa "Wih gue rank 3 besar angkatan nih. Gue harus pilih Teknik Industri!" Padahal lo bener-bener gak suka Teknik. Pilih aja sesuai hati lo.

Okaiii jadi semangat! Kita semua harus semangat menggapai mimpi kita! Termasuk teman-temanku yang menunggu pengumuman SBMPTN dan Simak UI! Tetep optimis! Karena masuk UI itu seru banget.

Selama gue jadi maba, belom banyak yang gue lakuin berhubung bulan puasa segera datang. Tapi kemaren gue sudah menunaikan salah satu agenda wajib maba: Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM). Aaa seru banget. Jadi ada berbagai kelas gitu: LS, IL, IT CML, CL, PBL.

Kelas-kelas itu lokasinya beda-beda tiap hari, di FE, Fisip, FIB, dll. Tapi temen sekelasnya sama. Berhubung materinya emang seru dan anak-anaknya juga sekelas seru gitu--walaupun jadwalnya lumayan padet-- jadi enjoy bgtt. Apalagi kelas LS (Learning Skill), kelasnya semacam SCB (Smart Character Building) gt deh. Banyak main games dan diskusi. Fasilitator kelas gue juga seru banget jadi bisa nyatuin kelas.

Gak cuma kelas gue, kelas temen gue juga banyak yang ngerasa gitu (bahkan kelas temen gue sampe bilang gak mau pisah mau gt aja trs wkwk gak mungkin bisa lah kan sekelas isinya beda-beda Fakultas/Program Studi).

Banyak banget pengalaman yang gue dapetin dari OBM, apalagi temen-temennya yang udah kasih gue pelajaran berharga, berbagai sudut pandang baru, dan kenangan yang indah. :") (lol lebay sih sebenernya)

Nah jadi #laskartertulis2014 harus tetap optimis ya! Soon you will be part of us too. Kita bakal OKK UI bareng (ospek)!

FKMUI 2014

Kelas OBM: CESPLENGSIST

Love,
GitaπŸ™Œ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar