5/12/2014

Monday Madness: Penumpang KRL yang Terlantar

Tenang. Tulisan ini gak bakal se'sok baku dan sok tahu' tulisan gue di Kursimalas kemaren. Cuma mau share pengalaman (dan mengutuk hari senin dengan segala penderitaannya).

Haha.

Jadi gini, sebelum gue ke inti cerita. Gue pengen kasih prolog dulu.

Sekarang ini gue tinggal di daerah Cengkareng. Sedangkan tempat les gue (baca: tempat ngambis SBMPTN) gue masih di Tebet. Ada 2 pilihan: Belajar sendiri di rumah atau tiap hari bolak-balik Cengkareng-Tebet. Berhubung pilihan pertama hampir mustahil, jadi gue terperangkap di pilihan kedua.

Cengkareng-Tebet naik apa? Gue memutuskan untuk commuting tiap hari dengan jalur Rawa Buaya-Tebet/Cawang. Dimana gue harus naik KRL Tanggerang-Duri tiap hari (yang jadwalnya jarang-jarang, jadi kalo ketinggalan harus nunggu setengah jam lagi dan keretanya suka ngaret). Nah dari Duri gue transit dengan lanjut kereta arah Tanah Abang-Manggarai-Depok.

Gak harus senin yang gila. Sebenernya tiap hari udah gila menurut gue. Karena tiap hari gue harus naik sepeda dari rumah ke rumah nenek gue sekitar 10 menit. Taro sepeda disitu. Terus jalan ke lampu merah sekitar 10 menit buat naik angkot yang sebenernya cuma 3 menit duduknya terus nyampe. Turun angkot gue masih harus jalan ke stasiun Rawa Buaya sekitar 5-10 menit (tergantung tingkat kelelahan betis gue).

Nah yang gak enak tiap pagi, kalo naik kereta jam 07:21 lo harus desek-desekan sama orang kantoran yang sama-sama transit di Duri. Entar dari Duri lo desek-desekan lagi sama mereka. Nyampe Sudirman, baru plong dan dapet tempat duduk. (Akhir-akhiri ini gue menyiasati buat ngebiarin mereka masuk kereta arah Manggarai duluan, entar gue naik kereta selanjutnya.)


Nyampe stasiun Tebet/Cawang, naik 03, jalan dikit, nyampe tempat les. Dan pulangnya tinggal dibalik. Gak ketinggalan bagian sepedanya loh ya.

Panjang banget ya prolognya. Gak penting lagi.

Tapi tunggu. Jangan close tab dulu. Belom ke inti petualangan hari senin gue.

Hari senin, seperti biasa, males. Gue udah telat-telatin, ternyata masih gak telat. Bahkan sampe tempat les gue duluan yang dateng, padahal itu udah telat banget. Nah selesai les sekitar jam setengah 2, gue gak langsung pulang tapi ke rumah temen gue dulu sampe jam 4 karena ada urusan.

Awalnya, gue udah males banget nih pasti penuh naik kereta sore. Ternyata dari Cawang masih lenggang (walaupun tetep gak dapet tempat duduk). Dan akhir-akhir ini sering banget KRL berhenti waktu mau masuk stasiun Manggarai. Itu ngebetin klimaks. Berhentinya bisa setengah jam lebih. Itu berarti gue harus berdiri lebih lama kan? (Pegelnya nampol, even gue udah kode-kode gitu gerakin kaki kepegelan, tapi tetep gak dapet tempat duduk.)

Pas rangkaian KRL udah masuk stasiun Manggarai, akhirnya gue dapet tempat duduk (akhirnya!). Baru duduk bentar, ternyata di Manggarai ada mbak-mbak yang nyolek gue. Gak denger dia ngomong apa karena gue pake headset, gue kontan berdiri. Gue mikir, "Gila sepegel apa ya kaki dia sampe berani minta orang bangun (bukan dari kursi prioritas) buat ngasih dia tempat duduk." Ternyata dia cuma minta gue geser dikit bukan bangun. Udah tuh. Akhirnya gue duduk dempet-dempetan. Gue gak sengaja denger pembicaraan dia sama Ibu-ibu di sebelahnya kalo dia sama kayak gue mau naik kereta arah Tanggerang.

Udah kan. Gue gak peduli.

Nah pas nyampe stasiun Duri, pas turun gue denger kasak-kusuk kalo kereta Duri-Tanggerang gak jalan. Gak ngerti kenapa. Gue lepas headset dan mulai jalan ke kereta yang mangkal dan (gue kira) siap jalan. Ternyata ada pemberitahuan (mendadak!) kalo KRL Duri-Tanggerang tidak beroperasi karena ada masalah di gardu, listrik (atau apalah itu gak ngerti pokoknya) dan baru DIPERKIRAKAN beroperasi kembali pukul 20.00 atau 21.00. Saat itu jam setengah 6. What? Gila kali gue nunggu sampe jam segitu.

Penumpang panik. Gak jelas. Terlantar. Chaos. Banyak yang gak tahu daerah Duri (bahkan gue gak tau daerah Duri itu dimana, posisi gue dimana). Terutama penumpang Ibu-ibu yang jumlahnya banyak banget, mereka bingung sama kayak gue, "Harus apa?"

Dan gue bersyukur gue ngasih tempat duduk ke mbak-mbak tadi. Anggap namanya Mawar.

Mawar juga ternyata sama kayak gue, gak tau harus gimana. Penjelasan petugas juga gak membantu sama sekali. Akhirnya kami berdua keluar stasiun dan berusaha cari angkutan arah Kali Deres.

Tunggu. Tunggu.

Ini dimana ya? Daerah mana?

Nyasar total. Akhirnya, mengikuti petunjuk bapak-bapak pinggir rel, kami berdua jalan kaki sepanjang pinggir rel dari stasiun Duri ke stasiun Angke. Lumayan pegel dan bikin betis denyat-denyut. Tapi masalahnya bukan itu. Masalahnya adalah sepi banget pinggir rel. Bayangin aja, suasana magrib dan jalan pinggir rel yang kumuh dan rawan. Dan gue baru inget gue gak belajar bela diri apapun. Cuma bisa dzikir sepanjang jalan. Dan yang paling nguras adrenalin gue keluar abis adalah saat jalan pinggir rel terputus, terpaksa lo harus lewat rel. Jalan diatas rel. Dimana saat ada kereta, ya konsekuensinya lo harus lari dikejar-kejar kereta (nantang maut abis). Gue masih mikir positif, "Oke, lari ya tinggal lari." Lalu, gue liat kebawah.

Jadi relnya itu nyebrangin sungai. Tepat dibawah kaki gue adalah sungai. Dan kayu-kayu yang gue injek cuma selebar kaki gue dan rentang antara kayu satu dan kayu yang lainnya sebesar kayu itu sendiri. Salah langkah sedikit, kaki gue nyeblos. Wow. Perlu diingat suasana magrib, gelap. Gue cuma berdua sama si Mawar (dan di sungai atau got atau apalah itu bawah kayu yang gue injek, pokoknya kotor-kotor, dalem..... ada tikus. Gue kaget dan hampir loncat.. Lalu gue inget. Ini bukan lagi outbond jadi gak ada pengaman apapun di tubuh gue).

Alhamdulillah, gue berhasil melewati rintangan yang serasa Benteng Takeshi itu dengan selamat. Lalu gue memutuskan mengajak Mawar jalan menyusuri kampung daerah situ sampe nemu jalan raya yang ada kopaja 80nya (sesuai petunjuk bapak-bapak pinggir jalan).

Akhirnya gue sampe. Sedikit lega. Tapi gue masih gak liat kopaja 80 lewat. Tapi yang gue liat angkot 02 Kota-Pesing-Cengkareng. Cengkareng! Gue ngajak Mawar ke arah Cengkareng, tapi dia gak mau karena bingung cara ke Tanggerang dari sana.

(Gue sempet nanya-nanya tentang si Mawar (yang alhamdulillah baik banget ini), dia lulusan SMK tahun 2013, dia di Jakarta buat kerja jadi asisten apoteker. Jadi dia lebih gak tau Jakarta dibanding gue karena dia orang rantauan yang buta banget Jakarta. Payahnya gue lupa nanya nama dia siapa. Agak absurd ya. Gue.)

Kopaja 80 pun lewat. Hellooo? Ini daerah mana ya? Masih gak ada tulisan. Katanya sih daerah Angke. Dimana tuh? No idea where I've been last night. Kopaja 80 itu penuh ampe miring-miring. Serem.

Gue berinisiatif nyetopin angkot 02 dan nanya. "Bang, Cengkareng ya?"

"Enggak. Sampe Taman Kota doang."

Hah? Kayak sering denger. Tapi dari situ gue naik apa?

Gue udah putus asa. Tapi penumpang dalem angkot itu manggil gue dan Mawar.

"Mbak-mbak bareng aja sama kita. Korban KRL juga kan?"

Gue cuma bisa ngangguk-ngangguk dan langsung naik bareng Mawar. Seneng ketemu yang senasib. Terlebih angkot itu isinya Ibu-ibu jadi gue gak begitu khawatir tentang penipuan dan kejahatan lainnya.

"Entar bareng kita aja mbak. Kita tujuan Poris kok. Nih ada yang Batu Ceper."

Lalu gue liat Mawar senyum lebar karena senang ada yang searah (setelah dia 'agak' frustasi nyasar di Jakarta bareng orang yang sama-sama buta arah: Gue).

Lega banget rasanya. Walaupun gue turun sebelum mereka, at least searah.

Belom 10 menit duduk, tiba-tiba angkotnya mogok. Haha.

"Lengkap sudah penderitaan hari ini." Kata salah satu Ibu-ibu.

Semua penumpang turun. Total perempuan-perempuan korban KRL yang barengan di angkot itu ada 9 orang. Turun semua di pinggir jalan. Wow! Gue dimana nih?

Dan saat Ibu gue nelfon nanya gue lagi dimana, gue cuma bisa bilang, "Di pinggir jalan. Gak jelas dimana."

Lalu gue ingat gue sempat melihat kalo tadi gue ngelewatin kantor kecamatan Tambora. What? Dimana tuh?

Posisi gue saat itu pinggir jalan, pinggir kali, dan di seberang kali ada.. Se.. Seasons City? Dimana nih? Bukannya jauh?

Haih. Nyari taksi juga percuma, siapa yang mau nampung ber9 gini (berhubung kami sok solid jadi gak mau terpisahkan gitu keren kan). Nunggu lama. Angkotnya masih mogok. Akhirnya kami memutuskan untuk cari 02 yang agak lenggang. Ada!

"Ayo Bu, naik ini yuk."

"Bang, lama banget sih, kita naik yang lain aja ya."

Akhirnya naik, sebagian Ibu-ibu udah duduk di dalem angkot 02 yang baru lewat, gue masih ngantri naik... Tiba-tiba angkot mogok tadi udah gak mogok.

Abangnya teriak, "Woy, belom bayar. Balik lagi sini."

Malu-maluin emang, udah rempong naik angkot 02 yang kedua kalinya, disuruh turun lagi. Yaudah, bismillah kami kembali naik 02 yang awal sampe Taman Kota.

Nyampe Taman Kota, gue ngikut Ibu-ibu aja. Katanya naik Mobil Kol (kol? Mobil kol??) Ternyata sejenis omprengan gitu. Alhamdulillah, udah tenang. Karena mobilnya bakal sampe Tanggerang yang berarti ngelewatin Sumur Bor (tempat gue turun).

Sayangnya macet total. Batre hp low banget. Yaudah.. Gak apa-apa..

Nyampe Sumur Bor mati lampu, untung ada Ibu-ibu yang barengan sama gue turunnya. Kami sempet ngobrol sebentar. Katanya tadi chaos banget di stasiun. Banyak yang nanya ke petugas, "Pak, saya harus gimana? Naik apa dong?"

Kata petugas, "Cari yang lain aja." Aw.

Ada prolog, ada epilog. Apa yah epilognya? Mm mungkin ini: Nyampe rumah mati listrik dan baru nyala jam 00:45. Yeah.

Overall, gue bersyukur. Gue tau, tiap-tiap dari kita pasti dapet cobaannya masing-masing, TIAP HARI. Sekecil apapun. Tapi percaya aja cobaan sekecil atau sebesar apapun, selalu ada jalan keluarnya. Karena Allah senantiasa memberikan kita bantuan-bantuan kecil (berdampak besar) yang sering kita tidak sadari. Bahkan kita cenderung melupakanNya.

Saran saya buat PT.KAI. Tolong kalau ada kereta yang bermasalah seperti itu, diberitahu dari awal. Banyak penumpang yang naik dari Manggarai, dan tidak diberitahu info apapun. Saat di Duri, agak sulit mencari angkutan umum. Daerahnya magrib gitu chaos abis, jalannya sempit dan macet sampe berjam-jam. Lebih baik lagi, jika ada KRL yang bermasalah PT.KAI menyediakan bis ke jurusan yang sama dengan KRL yang bermasalah. Kami, penumpang sudah bayar sampai tujuan akhir, tapi ternyata kerta hanya sampai Duri. Dan PT.KAI seolah lepas tangan begitu saja degan nasib penumpang. Saya sangat kecewa dengan pelayanan disaat-saat genting seperti itu. Semoga tidak terulang.

Oh iya, buat yang senasib sama gue kemaren, sama-sama jadi penumpang KRL yang terlantar. We rock gaiiiz. Tengs berat udah sama-sama bikin petualangan jadi 'menantang' abis. Keren lah bisa survive dengan sisa-sisa tenaga hari Senin. (Ada 2 pilihan: optimis atau mengutuk KAI dan ngedumel sepanjang jalan. Tapi kami memilih untuk optimist and stay positive)

Selamat hari Selasa!
Gita

P.S. I'm writing this along my way to Bimbel tercynta.

2 komentar:

  1. petualangannya sangat menarik.
    sayang sekali tidak diabadikan dengan foto-foto.

    BalasHapus
  2. Ahahaha anjir lah ini bala banget dalam satu hari XD alhamdulillah segala perjuangan lo yg menepuh benteng takeshi dan ketemu oknum bernama mawar terbuahkan hadiah dr Allah lolos SNMPTN :) :*

    BalasHapus