9/14/2013

Menjadi Perwakilan Kelas

Kalau gue harus cerita tentang Perwakilan Kelas, mungkin gak cukup di blog ini―walaupun gue belom pernah coba lakuin itu dan males juga..-_-

Perwakilan Kelas menurut gue lebih dari sebuah organisasi sekolah. FASKOM lebih dari sekedar Fasilitator, Aspirator, Supervisor, Korektor, dan Mitra Kerja. PK lebih dari sebuah tim.

Sudah 2 tahun 5 hari, PK014 (angakatan gue) terbentuk. Tepatnya sejak kita semua (gak semua sih) terpilih di Seleksi PK 2 tahun lalu, yaitu tanggal 10 September 2011. Hari yang bersejarah bagi gue.

Hari dimana gue belajar untuk mencoba menampilkan gue yang terbaik. Hari dimana gue belajar arti solidaritas―walaupun 1 hari doang gak cukup. Hari dimana gue tahu makna retorika sebenarnya. Hari dimana gue memahami faedah dari kepemimpinan―pimpin diri sendiri.

Dan tepat di hari itu juga, gue merasa, gue adalah sesuatu―bukan gue yang biasa-biasa aja. Gue yang ternyata diharapkan untuk dapat berkontribusi di PK014. Gue yang ternyata dapat diterima PK dan diterima teman-teman untuk bekerja sama. Somehow, I felt alive.

Gue ketemu teman-teman baru―yang sangat luar biasa. Ketemu senior-senior dan alumni-alumni PK26 yang hebat! Dan ketemu dunia baru dimana gue harus langsung beradaptasi. Rapat, 'kumpul', adu argumen, debat, diskusi, rapat lagi.

Upside down dunia organisasi di zaman SMA, kita laluin bareng-bareng. Gak jarang kok konflik terjadi diantara PK014 sendiri. Tapi gue bersyukur, justru itulah yang membuat kita satu sama lainnya saling memahami―belajar dewasa.
Kerja 24 jam? Gak digaji? Yah, at least, dengan gabung di Perwakilan Kelas gue sedikit mengerti kondisi tersebut. Dimana saat lo udah siap-siap mau tidur dan harus angkat telfon dari Pak Ketua dengan instruksi bikin berita atau proposal, lo harus siap.

Mungkin pengetahuan gue tentang organisasi masih cetek dan jauuh dari teman-teman lain atau mungkin dari para pembaca yang aktif. Tapi yang gue pelajari dari PK014 adalah, kalian menjadikan organisasi sangat nyaman, seperti sebuah keluarga.
Pak Ketua Agung yang bahasanya tinggi dan cinta banget sama politik, tapi gak lepas dari kejayusannya. Pak Waketu Almer yang seorang penyanyi dan calon dokter.

Bu Sekretaris Nadha yang rajin dan pinter mijit. Bu Bendahara Firsta yang dompetnya super tebel...

Icha si Humas yang sweet 17th-nya pas kuliah. Ute si Bappas badai tapi absurd tingkat tinggi. Rasyiqa sekretaris gue yang paling british dech. Chintia sekretarisnya Ute yang paling rempong sedunia dan sejagat raya.

Joice wasbid 2 yang gak lucu tapi baik hati dan sombong sekali. Helmi wasbid 1 yang lumayan rempong kalo lagi PMS. Nandi wasbid 3 yang kocak abis dan hobi ngegym B). Meisha wasbid 4 yang super gabut dan LABIL, tapi sebenernya care banget kok. Bella wasbid 5 yang... Ew males ah cerita tentang dia, langsung ask aja ask.fmnya. Dinda wasbid 6 yang super panikan tapi sebenarnya dia sangat sigap. Tian wasbid 7 yang.. JELEK BANGET EW! Dan ada Indi wasbid 9 yang super percaya diri dan berani banget+ikut hobi ngegym juga niech kayaknya. Di wasbid 8 ada Amyra yang unyu-unyu jago ngecheers dan baca pikiran orang...

Keren banget kan mereka?
Biasa aja yah? Yaudah deh..

Dengan berbagai perbedaan, mulai dari kepercayaan, latar belakang keluarga, sampai beda pemikiran, kita leburkan menjadi 1 yaitu jadi sebuah tim.

Dari awal kita terbentuk, Pak Ketua PK013 yaitu Kak Adam―selalu menanamkan untuk menjadi Superteam, bukan Superman. Awalnya sulit bagi kita untuk memaknai itu semua. Tapi seiring berjalannya waktu, dan semakin besarnya rintangan, kita jelas mengerti makna dari sebuah Superteam.

Dan menjadi sebuah tim yang hebat lebih dari hanya sekedar menjalankan program kerja (proker) dengan sukses. Tetapi bagaimana kita saling terikat satu sama lainnya, dan saling ada untuk melengkapi kekurangan yang ada. Di dalam, atau di luar organisasi tersebut.

Menjadi anggota Perwakilan Kelas merupakan suatu amanah. Dan amanah yang diemban ini juga tidak lepas dari bimbingan senior dan alumni PK26. Juga dukungan dari PK015 dan yang baru bergabung, yaitu PK016!

Selamat datang di Keluarga Besar Perwakilan Kelas SMAN 26 Jakarta, PK016!

Siap-siap merasakan segala pengalaman yang belum pernah kalian rasakan.

Siap-siap banyak gaya! Tapi siap-siap sama tekanannya juga. Sebagaimana hukum Tekanan. Gaya dan Tekanan berbanding lurus. Tapi dengan Luas? Berbanding terbalik. Jangan takut menghadapi Tekanan! Karena kalian bareng-bareng. Kalian banyak. Kita banyak. Hadapi bareng-bareng. ;)

Terima kasih PK014, buat segala pelajaran yang kalian berikan, buat kenangan yang kalian torehkan, untuk rasa sayang yang kalian sebarkan.

Sekali lagi, buat 016, selamat bergabung!

Ohiya, happy 1 year anniversary buat PK015!

Love,
Gita

P.S. 016 maaf yaa kalo kemaren gue marah-marah pas Seleksi! Maaaf banget. Gue lakuin itu karena gue mau kalian kuat, karena masa menjabat itu lebih keras dari Seleksi PK. Semoga kalian ngerti dan bisa nerima niat baik gue. No dendam-dendaman please! Doain gue dapet PTN, Aamiin. Buat yang belom berhasil menjadi anggota PK016, kalian tetep hebat dan kece abis! Masih banyak peluang kok, ada OSIS, BPH Ekskur, dan organisasi di luar sekolah. Semangat terus, pantang menyerah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar