4/08/2013

(Hampir) Tiada

Halo, teman-teman. Haha gue sok asik banget nyapanya. But, here I am. Pengen aja gitu nyapa pembaca (walaupun gue gak yakin ada yang baca)

Sebenarnya gue mau menulis sesuatu yang bermanfaat di malam hari ini. Sehubung dengan selesainya UTS semester genap. Yeay!! Rasanya tuh kayak lagi roll depan terus nyangkut ke ban mobil terus ternyata itu mobilnya Dude Herlino terus diajak nikah sama dia. Asik.

Jadi, instead of writing sesuatu yang bermanfaat banget, atau istilahnya, inspirasional, I go with this. Bercerita tentang salah satu momen berharga dalam setiap hidup manusia --kehidupan kedua.

Bukan berarti gue pernah mati suri atau bangkit dari kubur, atau dicium bayangan (kayak Lisa di Vampire Academy yang mengalami shadow-kissed dan jadi punya kekuatan kompulsi) atau gimana. Enggak. Cuma, setelah gue terlibat beberapa perbincangan dengan temen-temen gue, hampir setiap orang punya momen-momen-hampir-mati. Entah emang benar begitu adanya, atau emang temen-temen gue aja yang hampir mati mulu. Haha canda.

Momen hampir 'tiada' gue yang pertama banget, ya mungkin saat masih di dalam kandungan. Gue percaya kalo kita terlahir di dunia ini karena kita pemenang. Gimana enggak? Dari ribuan sperma, kita yang jadi. Klise sih, tapi bener.

Gue sebenernya punya kembaran, tapi waktu di dalam kandungan. Setelah akhirnya kembaran gue itu meninggal di dalam kandungan Ibu gue waktu usia kandungannya masih 6 bulan. Dan gara-gara hal itu, gue harus keluar ke dunia ini sebelum saatnya, alias prematur. Dari situ aja, gue telah mengalami momen-momen-hampir-mati gue. Kenapa harus kembaran gue yang 'pergi' duluan dan gue selamat? Padahal menurut dokternya, berat badan gue waktu itu jauh lebih ringan dibanding kembaran gue, which was mean sebenernya yang punya resiko meninggal duluan itu gue. Tapi Tuhan berkehendak lain. Alhamdulillah.

Ibu gue juga pernah cerita, waktu gue umur 3 tahun dan dimana anak-anak sewajarnya mulai belajar berenang, Ibu gue pun ngajak gue buat 'main air' di salah satu tempat renang di Jakarta. Seperti layaknya anak kecil normal lainnya, gue seneng dong pasti (kayaknya sih, gue gak inget, tapi bisa jadi gue lagi gak seneng tuh, eh entahlah gapenting). Dan disaat rasa senang melihat kolam renang yang ada di  jiwa anak kecil polo lugu nan imut dan cantik (ahaha jijik) itu sedang memuncak, anak itu (alias gue) pun lantas langsung nyebur.

Abis itu kepeleset.

Tau adegan-adegan di sinteron yang tokohnya tiba-tiba kepeleset di kolam renang abis itu diselamatin sama orang ganteng? Nah, kayak gitu deh pokoknya. Tapi gue bukan diselamatin orang ganteng, sama ibu gue --setelah beliau SELESAI panik dan SADAR harus buru-buru nyelamatin gue.

Mungkin lo bakal ngebayangin momen seperti itu terjadi gara-gara kolam renangnya emang dalem juga jadinya gak bisa bangkit dari kepeleset. Enggak. Cuma sebetis orang dewasa kok, cuma  emang guenya aja yang kemampuan motoriknya tidak sehebat anak-anak lain.

Nah! Mungkin dari hal itu lah Ibu gue gak begitu ngotot anaknya harus bisa berenang. Karena ternyata di SMP gue juga mengalami momen seperti itu, bedanya ini di pantai, dan BELUM nyentuh airnya.

Jadi, ceritanya, pagi-pagi sekeluarga mau sok keren jalan pagi di Ancol gitu (hahaha) sambil 'main air'. Tapi pas di perjalanan, gue udah ngerasa gak enak badan aja. Secara harfiah. Badan gue pegel-pegel maksudnya, punggunya kayak sakit gitu. Dan perut kembung, sedikit sesek nafas dan kalo narik nafas selalu ada nyeri di dada. Hiii ngeri.

Tapi gue masih mikir, "Hah, biasa. Nanti kena udara pantai juga enak lagi." ternyata GUE SALAH. Turun dari mobil, jalan beberapa langkah, tiba-tiba gue langsung lemes dan jatoh gitu. Gak, gak pingsan, karena gue masih sadar dan maka dari itu gue mau menceritakan kemirisannya. Entah karena UDARA PANTAI yang udah gak seger lagi, atau emang karena ada yang salah dari diri gue, gue jatoh lemes dengan telapak tangan gue yang mulai membiru. Gue makin sesek nafas, tiap tarikan nafas, dada rasanya ditusuk pentul kerudung (haha). Sakit, lemes, nyiksa deh. Saat itu gue mikir ya saat itulah ajal gue.

Saat kejadian itu berlangsung, keluarga gue super panik. Dan bukannya MENANGANI tapi ibu gue kembali berteriak-teriak panik. Ayah gue juga kebetulan lagi ngurusin barang di mobil, jadinya gak bisa langsung bantu.

Well, teriakan kepanikan ibu gue ternyata menguntungkan juga. Karena langsung ada penjaga pantai yang menggendong gue dan lari-lari layaknya penjaga pantai di film-film. PENJAGA PANTAI. Orang yang JAGAIN pantai. PANTAI INDONESIA. Jadi, harapan gue untuk digendong seseorang seperti Liam Hemsworth di The Last Song (walaupun emang perannya bukan penjaga pantai-_-), atau Larry di Spongebob Squarepants (walaupun gue gak ngarep bakal ada lobster yang tiba-tiba muncul dari laut terus nyelamatin juga, enggak deh) pupus sudah. Penjaga pantainya sama sekali bukan seperti apa yang gue khayalkan. Ya, saat itu, gue terlihat seperti anak yang kesakitan dan digendong-gendong abang ojek.

Gue dibawa ke UGD yang ada di Ancol, gak tau itu apa. Yang jelas, setelah penjaga pantai itu ngebawa gue ke... sejenis saung mungkin (gue gak inget persis), abis itu gue langsung naik ambulans dengan oksigen di hidung. Dan itulah pengalaman pertama gue masuk ambulans. Dan sebenernya gue sempet nolak masuk gara-gara gue ketakutan wakakakak. Ya, siapa tau bakal kejadian yang macem-macem gitu kan kayak di film-film horor (kebanyakan nonton film-_-). Tapi ternyata gue sampai di UGD dengan selamat, dan masih kesakitan serta setengah pingsan.

Dan itu juga merupakan pengalaman pertama gue buat pake oksigen di hidung. Ituloh yang suka di sinetron-sinetron. Bentuknya kayak selang dan nyolok ke hidung gue. Andaikan gue bisa nafas dengan sempurna dan tanpa kesakitan, gue gak bakal mau pake gituan. Karena apa? KARENA DINGIN. Hidung lo tuh serasa di kasih AC pribadi gituloh, kayak disemprot kipas angin khusus lubang hidung. Dingin. Membuat bulu hidung orang yang make alat itu bergidik layaknya bulu kuduk yang berdiri saat kedinginan (gakdeng).

Dari UGD, gue ngerasa baikan, dikit. Dan akhirnya gue dibawa ke rumah nenek gue dan diurut sama tetangga gue yang udah pro banget ngatasin penyakit gitu-gitu deh. Gue emang gak mau dibawa ke  RS takut dikasih obat-obatan gak jelas, padahal gue sebenernya ngerasa baik-baik aja. Disitulah gue mulai menemukan harapan bahwa itu belum ajal gue.

Sampai akhirnya gue diurut sama tetangga gue dan gue berubah pikiran. Badan gue digoyang-goyang, pukul-pukul, pelintir-pelintir sampe gak ada rasanya. Dan disaat yang AMAT SANGAT MENYAKITKAN itu yang gue teriakin adalah, "UDAH! UDAH! MA, PA! SURUH DIA UDAHAN DONG!! MAMA PAPA GAK SAYANG AKU LAGI APA?! UDAAAH!!!"

Tapi semua berlangsung begitu cepat DAN MENYAKITKAN. Tapi Alhamdulillah, gue ngerasa baikan dan mulai bisa jalan tanpa dibopong lagi.

Dari kejadian itu, badan gue demam, lemes, dan gak masuk sekolah sekitar satu minggu. Dan setelah gue browsing, ternyata gue cuma kena angin duduk. GREAT. Disaat orang lain masuk UGD karena anemia, pendarahan, asma, dll, gue hanya masuk angin. MASUK ANGIN. Kurang elite gimana coba :)

Tapi baru-baru ini gue juga denger kalo istilah masuk angin gak bisa dianggap enteng karena bisa menyebabkan kematian yang tiba-tiba. Ada penyakit yang namanya Bell's Palsy. Walaupun gue kayaknya gak yakin saat itu gue kena Bell's Palsy, enggak, gak sama sekali. Jangan sampe ya Tuhan, amit-amit. Gue rasa gue cuma masuk angin biasa waktu itu, tapi anginnya itu udah sampe paru-paru. Gitu deh simpelnya, tapi akibatnya fatal. Nah komplikasi yang gue alami waktu itu keram otot punggung. Kedengerannya gak elite sama sekali kan? Hahaha, gak parah sih emang, tapi gak lagi deh ngerasain kayak gitu. Hiii.

Itu terjadi bahkan sebelum gue merasakan air pantai menggelitik kaki gue.

Dan kejadian yang baru ini terjadi, waktu liburan kenaikan kelas yang lalu. Jadi ceritanya gue ke Kalimantan Timur, ke kota kecil yang namanya Bontang. Jalan-jalan aja gitu, ya semacam 'puncak'nya Jakarta, Bontang tuh 'puncak'nya orang Samarinda gitu. Jadi, sebagai orang Jakarta, gue coba jalan-jalan ke Bontangnya Samarinda :)

Udaranya sejuk, kotanya kecil, sepi, bersih, rapih. Jauh dari Jakarta. Bukan cuma jaraknya (itusih emang-_-) tapi keadaannya. Langitnya bahkan masih biru, awannya putih terang. Bahkan hidung lo gak perlu repot-repot nyaring udara, karena tingkat polusinya dikit banget.

Gue nginep di salah satu penginapan daerah sana, lebih tepatnya kayak komplek gitu, tempat turis pada homestay (ya wajarlah karena Bontang ini daerah pertambangan minyak :o). Di komplek itu ada kolam renangnya. Asik sih, sepi banget, berasa private pool deh. Dan sebagai orang yang payah dalam berenang diumurnya yang sudah 16 tahun di dunia ini, akhirnya gue memanfaatkan momen itu untuk belajar renang. Saat itu gue seneng karena mulai jago (dikit). Sampai akhirnya, keluarga gue memutuskan untuk ganti baju dan gue masih keras kepala buat lanjut latihan.

Hingga akhirnya gue ngerasa lemes tiba-tiba. Gue tiba-tiba ngerasa ngantuk. Dengan naifnya, gue pun tidur di pinggir kolam renang. Bukan, di pinggir tepatnya. DI DALEM kolam renang dengan bersender ke pinggirannya. Gue ketiduran bentar sebelum akhirnya Ayah gue maksa gue buat naik. Akhirnya dengan menahan kantuk gue naik keatas dan.... lemes. Bener-bener lemes dan maunya tuh tiba-tiba tidur gitu. Aneh banget deh pokonya, bayangin misalnya lo lagi jalan normal terus tiba-tiba kantuk lo menyerang dan tak tertahankan hingga lo memutuskan untuk tidur di jalan even saat itu lo lagi nyebrang di zebra cross. Bayangin. Begitulah rasanya.

Gue panik dan heran sama diri gue sendiri, cari-cari minum buat nahan ngantuk tapi gak kuat, akhirnya gue sedikit pingsan (tertidur lebih  tepatnya...) di pinggir kolam renang. Ayah gue udah panik dan nyuruh buat bawa ke UGD terdekat tapi gue gak mau. Gue cuma lemes, sesek nafas. Dan ngerasa ngantuk. Lagi-lagi, saat itu gue mikir ajal gue udah dateng. Setelah beberapa hal dilakukan terhadap gue (lupa diapain aja, pokoknya sejenis tindakan penolongan pertama di kolam renang gitu ---gak! gak dikasih nafas buatan, ew) gue akhirnya mulai bisa bangkit dan berdiri lalu jalan~ Alhamdulillah. Tuhan masih kasih kesempatan.

Dan dengan momen-momen-hampir-mati itu lah gue ngerasa kayak: This is my second chance! Ngerasa diberi kesempatan hidup yang kedua kalinya itu gak harus lo mati suri dulu kok menurut gue. Setiap lo tidur, dan lo bisa bangun di pagi harinya, ya itulah your second chance. Sampe-sampe ada yang bilang: setiap hari itu kehidupan baru. Ya, karena itu kesempatan lo buat mulai semuanya lagi.

Sok bijak banget gue, tapi kadang momen-momen-hampir-mati yang bikin lo semangat lagi dan mikir kalo Tuhan sayang sama lo. Gak, gue bukan nyaranin lo untuk (dengan SENGAJA) mengalami momen-monen-hampir-mati lo. Cuma ya, lebih bersyukur aja dengan what you have reached.

Momen-momen-hampir-mati juga gak melulu tentang sesek nafas dan UGD. Waktu lo kecipratan minyak pas masak juga itu momen lo. Untung kecipratan, gak ketumpahan. Atau waktu lo nyolokin charger, untuk gak kesetrum. Atau waktu ada kecelakaan lalu lintas, untung itu bukan lo yang ngalamin, padahal mobilnya cuma jarak sedikit aja dari mobil lo.

Banyaklah menurut gue hal yang perlu disyukuri. Bukannya sok bijak dan ngerasa udah bersyukur, gue juga lagi belajar kok. Ya, sama-sama belajar aja. Hoam, kenapa jadi sok bijak abis sih kata-kata gue. Huft, sudahlah saya sudah mulai lelah sepertinya.