3/25/2012

Stressed out.

Assalamualaikum masbro!

Hahaha mungkin anda heran kenapa saya menjadi sangat islami seperti ini, padahal biasanya aja "Hello bloggeysss cupmwahmwah miss you so much~" mm.. Mungkin sapaan yang agak berbeda akan lebih baik.

Hai.
Sebenernya gue gatau juga mau nulis apa.
Well, jadi gini, actually I've prepared an article to be posted, tapi gue nulisnya di notes BB. Terus, kabel USB gue ilang gitu deh. Tapi gue gak patah semangat (?) Gue punya suatu ide...

Jadi, yang gue lakuin a

....

Maaf terpotong. Karena apa yang sebenarnya terjadi adalah LAPTOP GUE KE RESTART SENDIRI.

MM RASANYA TUH KAYAK ASDFGHKASKJHDSKAFJ. Untung aja ke save dalam bentuk draft ya :''

 Sekian. Ok, kembali ke topik.

Jadi yang gue lakuin adalah:

1. Sign in gmail lewat opera mini browser di BB gue (berhubung gue pakenya hanya paket gaul wakakak), lalu gue kirim email ke diri gue sendiri berupa postingan itu. Kenapa gak langsung gue post disini? Karena loadingnya lemot banget dari HP :'''

2. Lalu setelah gue mengirim email ke diri gue sendiri, gue exit opera tanpa sign out (niatnya sih biar irit pulsa, miris..)

3. Kemudian gue buka laptop, sign in gmail

4. Wah tumben-tumbenan ada email. Dan email itu dari seseorang bernama.. me. Ternyata dari diri gue sendiri. Kadang gue suka lupa kalo gue kirim email ke diri gue sendiri, jadi kadang gue kira email gue rusak..

5. Buka email, copy article

6. Sign in Blogger, New post, paste

7.  Publish, yeaah \m/

Dan gue selalu merasa keren dengan hal yang gue lakuin tersebut. Dan merasa keren adalah salah satu pelepas stress. BAGI GUE HAHAHA

(Uhm, Git, kayaknya lo emang lagi stress..)

What-so-ever, mungkin lo pikir ide itu konyol, tapi gue mikir itu.. konyol juga sih. DAN gue mau melakukan hal itu pagi ini tetapi ternyata sinyal BB gue lagi kurang bersahabat, jadinya sambil menunggu sinyal-sinyal itu ingin berkawan dengan gue, mari kita bahas satu topik yang menurut gue.. menarik banget nih.

STRESS.

Wih kece banget tuh kedengerannya(?). Stress itu, kalo di twitter, banyak arti. Hahaha sering liat kan account twitter yang sok2an quote2 gitu yang mecahin STRESS jadi kepanjangan apalah, suka-suka mereka-_-

Tapiii, yang jelas adalah stress ini gabisa dibiarin gitu aja :""

Kebanyakan dari kita pasti sekarang lagi stress. Entah karea tugas sekolah, guru yang galak dan minta diketekin banget kelakuannya (maaf bu, pak..), senior yang minta dicongkelin matanya satu-satu (maaf kak.. bukan kakak kok, bener, serius, sumpah deh._.), orangtua yang over protective, pacar yang selingkuh (eaaa galau deh galau) atau bahkan karena bibi yang ngocol! (mungkin yang terakhir cuma gue yang ngalamin, suram-_-)

Yah, gak lama ini gue baca buku yang judulnya Selamat Tinggal Bete. Hahaha gue beli buku itu cuma 15ribu di Gramedia Matraman yang bagian diskon-diskon itu. Awalnya gue iseng aja beli, covernya lucu dan isinya banyak gambar gitu. Dan, gue gak nyesel sama sekali. Tapi, berhubung lagi dipinjem temen gue juga, gue gabisa share tips-tipsnya secara lengkap disini karena gue juga lupa-_-

Nah, ada beberapa hal nih yang gue inget karena gue terapin ke diri gue sendiri.

Yang pertama dan bener-bener langsung gue terapin adalah: mengunyah permen karet
Jadi, menurut penelitian, saat kita nguyah permen karet, ada suatu hormon di otak kita yang keluar, gak gitu juga sih sebenernya. Gue lupa-_- Tapi intinya adalah, mengunyah permen karet dapat meningkatkan daya ingat! Wah kece gak tuh. Sambil belajar, ngunyah permen karet. Apalagi kalo yang rasa mint. Wanginya itu bisa nenangin pikiran kita dan jadinya kita gak stress. Plus bikin wangi mulut kita lagi.

Mm, sebenernya gue agak heran sama sekolah yang ngelarang anak-anaknya nguyah permen karet. Iyasih, khawatir sampahnya bakal ditempelin ke sembarang tempat. Ya kayak SMP gue yang kantinnya gak jual permen karet sama sekali, cih gak ngaruh sih buat anak-anak yang emang doyan permen karet, kita bisa bawa dari rumah sih, woo wooo (apasih git-_-)

Gue bahkan mempunyai suatu gagasan dalam dunia pendidikan *eaa
Jadi gini, kalo gue punya sekolah, gue berpikiran untuk:

Membagikan permen karet mints ebelum mata pelajaran tertentu dimulai. Terus, suruh anak-anaknya nguyah, bungkus permen karetnya ditampung di baskom, gurunya yang nagihin sampahnya, jadi jelas gak buang bungkus permen karet sembarangan. Setelah kurang lebih 15 menit gurunya keliling lagi nagihin permen karet hasil kunyahan mereka. Dan setiap anak harus ngasih. Jadi jelas tuh sampahnya gak ditempel dimana-mana dan semua anak dipastikan ngunyah perman karet! Keren kan! Ingetan muridnya jadi tambah tajam deh, prestasi meningkat, yeay~

Well, just an idea hehehe

Yang kedua adalah: meditasi. Kita lakuin yang simpel aja. Masuk ke suatu ruangan, kalo di rumah lo ada ruangan yang nyaman dan bikin lo rileks, lo bisa masuk ke ruangan itu. Kalo gak ada ya di kamar aja. Tidur telentang di kasur atau gak yang asik ya di lantai aja. Terserah mau tiduran di lantai langsung atau mau pake alas matras. Bebas deh, senyamannya lo. Udah tiduran, lo tegangin tubuh lo. Terus lo rileks-in. Gunanya adalah biar kerasa banget rileksnya, karena berubah dari tegang banget jadi rileks banget. Ya itninya biar kerasa perubahannya aja. Terus lakuin pernapasan perut selama 10 menit deh kurang lebih. Nah, pernapasan perut ini ternyata berguna untung ngurangin stress. Kalo yang di sekolahnya ekskul VG atau Teater mungkin udah ngerti banget sama pernapasan perut.

Yang belom tau, caranya tuh: Pas lo tarik napas, udaranya lo bawa ke perut, jadi otomatis pas lo inhale, perut lo ngegembung. Pas exhale perut lo kempes. Dan pernapasan perut ini gaboleh pundaknya naik turun. Pokoknya murni perut yang kerja. Kalo belum terbiasa, mungkin rada keram dikitlah perut lo, tapi ya selow aja gabakal keluar juga usus lo dari situ..

Mungkin sekolah bisa ngadain acara meditasi bareng seminggu sekali.. Just another idea..

Yang ketiga adalah: berolahraga. Yeaaay! Mari hidup sehat! Well, remaja sekarang tuh sibuk banget, dan jarang yang mau olahraga. Tapi gini, olahraga tuh sekarang seru juga loh, bisa ngelepas stress lagi, plus bisa masuk program diet juga \m/ Dan beruntung bagi lo yang punya hobi tertentu dalam olahraga. Tapi bagi remaja sebangsa gue... Ehm, yang kalo ditanya 'Suka/bisa olahraga apa? Basket? Renang? Bulutangkis?' jawabannya tak lain dan tak bukan adalah 'Lari..'

Itulah satu-satunya olahraga yang gue bisa. Tapi gue masih berharap punya bakat terpendam dalam hal memanah. Biar aku bisa memanah hatimu *eaa (galau deh galau kan kan-_-)

Gue bisa lari. Dan hampir semua orang bisa. Dan, lari gak dosa. So? Jadi kakek gue sempet marahin gue karena gue gabisa olahraga apa-apa. Tapi nenek gue menjawab dengan lantang 'Lari kan sehat!' Nenek :"" (mungkin beliau sama kayak gue gabisa olahraga apa-apa...)

Lari atau jogging tuh olahraga yang paling mudah. Atau gak kita bisa ganti dengan skipping. Tapi enakan jogging. Lari-lari keliling komplek atau perumahan atau lingkuangan sekitar lo tinggal. Apalagi kalo di taman gitu kan pagi-pagi banget jam 6an gitu atau gak sore jam 4an. Asik kan tuh liat pemandangan jadinya gak bosen, syukur-syukur ada yang kece kan... Ohiya 1 tips buat jogging. Kalo yang suka jogging bareng temen, yoweslah asik juga tuh sambil ngobrol-ngobrol, kalo mau bareng pacar, monggo aja, asik kan tuh kalo pingsan ada yang nolongin *eaa

Atau gak kalo yang emang mau sendiri, silahkan aja. Kayak gue misalnya. Udah suntuk kan tuh seminggu ketemu banyak orang, capek juga loh ketemu banyak orang. Ngabisin energi. Nah, sabtu/minggu pagi enakan jogging sendirian sambil ditemenin iPod atau gak ya sendiri aja. Tanpa musik. Tanpa apapun (pake baju ya tapinya..). Jogging sendirian juga bisa jadi sarana cari inspirasi. Liat lingkungan sekitar.. Tebar senyuman.. Bukan tebar pesona ya. Nah sebelum kita masuk ke tips berikutnya, ada last words tentang lari nih. Lari kan gampang, tapi kok lari dari kamu susah banget ya;;) :$ (GALAU DEH GALAU)

Yang ke... yang keberapa ya tadi. Ohiya, yang ke4! Nah yang keempat adalah: Ceria.
Kita harus banyakin senyum. Selain ngurangin stress, bikin muka kita jadi awet muda loh! Serius. Nah senyum ini juga ibadah. Wih 1 senyuman berjuta manfaat. Ngilangin stress, bikin awet muda, bikin orang lain seneng, dapet pahala lagi! Jadi cakep juga kan kalo senyum, syukur-syukur ada yang naksir *eh..
Selain senyum, kita juga harus ketawa :D
Ketawa ini selain ngelepas stress, adalah salah satu olahraga juga loh ternyata! Saat kita ketawa ngakak, kita ngebakar banyak banget kalori looh. Bagus nih. Coba dari sekarang nonton/baca/ketemu orang yang lucu-lucu. Healthy inside, nice outside. Hahaha.

Yang kelima adalah: musik! Yep! Mungkin bagi lo yang jago nyanyi, main gitar, drum, piano, biola, apapun itu, lo bisa tuh ngelepasin stress lewat main musik. Asik kan tuh, apalagi kalo itu emang hobi lo. Kalo remaja yang sebangsa sama gue, gabisa nyanyi apalagi main alat musik... Mm mungkin dengan mendengarkan musik atau BERNYANYI UNTUK DIRI SENDIRI, lo bisa ngelepasin stress :) 

Eh gakdeng, gue bisa kok main alat musik! Gue bisa main pianika, main suling, whoaa subhanallah :''

Bagi kalian yang bisa main suling, mungkin bisa mainin lagu Sirih Kuning atau Bungong Jumpa buat ngelepas stress (khawatir sih malah tambah stress-_-)

Wah udah nyampe yang keenam nih! Yang keenam adalah: Lakukan hobi! Lakuin aja hobi lo. Ya sesibuk-sibuknya kita, seminggu sekali luangin waktu buat ngelakuin hobi kalian. Misalnya baca novel. Bagi gue, baca buku tuh seru banget. Mulai dari ilmu pengetahuan apaankek, sampe novel atau komik. Seru aja gitu, apalagi novel. Kita tuh jadi teralih dari masalah kita sendiri dan lebih konsen ke masalah di dalem novel. Somehow, itu bikin gue lebih rileks. Atau gak, kalo yang kreatif, bisa tuh coba-coba bikin prakarya, manfaatin limbah, atau gak bikin project di Thinkquest gitu (HUAAH HOW I MISS IT SO BAD)

Atau mungkin hobi lo tidur, yaudah deh tidur aja.. Pokoknya luangin waktu buat ngelakuin hobi! Tapi yang positif ya! Kalo negatif, itu malah bikin lo stress walaupun awalnya mungkin seru gitu. Inget, karma does exist. Yang punya ekskul/organisasi di sekolah, mungkin bisa luangin waktu buat aktif di ekskul tersebut. Seru kaan. Ngelepas stress sambil ngegali bakat sendiri hehehe

Nah yang terakhir nih, ini sih murni tips dari gue pribadi *eaa
Yaitu yang ketujuh adalah: Banyakin ibadah dan perbuatan mulia. Widiiih sok religius banget ya gue hahaha. Tapi bagi gue, saat kita dekat sama Allah SWT, jiwa kita juga lebih tenang, karena yakin bahwa semua masalah/kendala yang terjadi atas kehendak Allah. Dan saat kita dekat sama Allah dan terus beribadah kepadaNya, masa sih Allah tega menyakiti hambaNya sendiri? Pasti semuanya ada maksud yang mulai. Entah ujian, cobaan, atau buat introspeksi diri kita sendiri. Yaaa pokoknya kalo kita banyak beribadah, beramal, berbuat baik sama orang lain, jiwa kita lebih tenang :)

Ohiya, satu hal lagi. Puasa sunah aja. Beribadah sekalian diet hahaha. Ya bisa kontrol emosi juga lah kalo puasa hehehe. Sehat luar dalam \m/

Whoaa, jadi sekarang gimana? Tetep milih stress-stress ria? C'mon! We live once! Make the best of it! Ayodong semangat! Kalo tips diatas kurang manjur, mungkin bisa dicoba 1 tips lagi. Yaitu: NYATAKAN CINTA B)

Hayooo galau deh galau hahaha. Nyatakan cinta itu bisa ke siapa aja. Ke mama, papa, adek, kakak. Siapapun. Say it loud! 'Love you Ma, Pa, Dek, Kak' Nyatakan sebelum terlambat :)

Ohiya gue denger-denger, pelukan juga bisa ngurangin stress. Karena saat kita huggin each other, tubuh kita ngeluarin hormon oksitosin kalo gasalah. Hormon yang bikin kita bahagia dan merasa damai :D

Well, guess that's all. Live happy :)

Wassalam,
Gita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar