1/29/2012

Why you gotta be so mean?

 Hey bloggeys, now I’m going to talk about one of the most hot issues in teen’s life.
Guess.
It’s about Bullying.
Iya. Bullying. Pasti udah punya banyak bayangan dong mengenai Bullying sendiri itu apa? Well, pesatnya perkembangan media informasi elektronik membuat kita lebih mengenal apa itu Bullying.
Yah, sekarang gue mau memanfaatkan apa yang kita sebut dengan media informasi elektronik ini untuk menyebarkan apa yang gue ketahui tentang Bullying.
So far, bullying dalam bayangan kita adalah sekedar tindakan kekerasan yang menyebabkan fisik korban terluka/ternoda(?)
Tapi sebenarnya
definisinya adalah: Bullying adalah segala bentuk tindakan agresif/penindasan yang dilakukan sekelompok/seseorang siswa (gak hanya remaja, tetapi segala umur)  terhadap korban, bertujuan untuk menyakiti korban dan memberikan kepuasan terhdapa pelaku. Niasanya tindakan kekerasan ini berlanjut, karena untuk member kepuasan berlanjut juga terhadap pelaku.
Singkatnya gini,  menyakiti orang lain untuk  memberi kepuasan tersendiri. Jahat banget gak sih? Bayangin! Buat kepuasan tersendiri! Emang gak puas apa punya hidup yang serba mewah  sampe-sampe perlu kita nyakitin temen kita buat ngasih kepuasan yang lebih terhadap diri kita?

Perlu diketahui, bullying yang kebanyakan terjadi di kota-kota besar (atau bahkan Negara maju seperti Jepang dan Amerika yang mempunyai tingkat Bullying sangat tinggi) ini ternyata banyak jenisnya. Bukan hanya kekerasan yang sering kita lihat beritanya di TV (karena suda memakan korban). Benar memang yang kita lihat di berita-berita adalah bullying. Tapi itu hanya contoh dari 1 jenis macam bullying. Sedangkan bullying ada banyak jenis/macamnya. Sejauh yang gue ketahui, there are 4 types of bullying.
Bullying Verbal –menyakiti dengan kata-kata
Ini nih yang sering teradi di sekitar kita sering banget malah. Tapi kita gak sadar dan kebanyakan dari kita hanya menganggapnya sebagai lelucon. Seperti, mengejek. Saat kita mengejek teman dan teman kita merasa tersakiti, sebenarnya saat itulah telah terjadi bullying. Kita merasa puas mengejek teman kita, lalu teman kita merasa tersakiti. Yep, pas banget kan sama definisi di atas?


Mengejek, mempermalukan, mengolok-olok, berbagai ucapan yang tidak menyenangkan itu sering kali kita anggap sebagai bercandaan. Tapi kita harus tau batasannya dalam hal bercanda, karena jika kita sudah menyakiti perasaan teman, berarti kita pelaku bullying! Iya, bullying! Bullying yang artinya menyakiti teman demi kepuasaan tersendiri. Ih monster banget gaksih.

Bullying Fisik –tindakan kekerasan yang memberikn dampak kerusakan jasmani terhaap korban

Dan yang satu ini yang sering banget kita denger beritanya di media informasi. Mengapa? Ya karena inilah satu-satunya jenis bullying yang dampaknya jelas terlihat. Bada sama bullying verbal yang lebih mengarah kepada kerusakan mental, bullying fisik meninggalkan kerusakan yang nyata terhadap jasmani korban. Contoh bullying fisik mulai dari memukul, mencubit, menjambak, ngetekin orang (?) (oke mungkin random banget, tapi jejak kerusakan fisik yang ditinggalkan oleh kasus ini adalah hidung korban yang akan terlihat semakin mengecil karena menahan bau badan sang pelaku…oke random). Bullying fisik juga dapat menyebabkan kematian, yeah, pelaku yang kehilangan hati juga gak bakal segan-segan buat bunuh korbannya. Seperti yang kebanyakan terjadi di US.
Bulying Sosial –mengucilkan, mempermalukan orang di depan umum, menyebrkan rumor yang tidak benar mengenai seseorang, memfitnah, dan bentuk penindasan lain yang melibatkan lingkungan sosial

Whoaaaa bullying sosial juga gak kalah sering dibandingkan oleh bullying verbal loh! Mm sering banget tuh pasti salah satu teman di kelas kita yang kita kucilkan, dicuekin, alesannya ya karena doi freak.
Sebenernya ini jahat banget loh. Memang orang-orang seperti itu gak butuh teman? Gak butuh dukungan seseorang? Gimana kalo kita yang di posisi mereka? Ngejleb gaktuh?
Well, jujur, waktu SMP gue juga sempet giniin salah satu teman gue. Sampai akhirnya gue sadar kalo gue bener-bener jahat. Monster banget. Ngomongin orang di belakangnya, nyebarin hal-hal buruk tentang doi, menghasut teman-teman yang lain buat ngejauhin dia. Gila. I lost my heart. Mungkin kedengerannya jahat banget, dan emang jahat banget. Dan sebenernya ini sering banget loh terjadi di sekitar kita, atau bahkan mungkin kita-lah pelakunya? Ayo lebih peka! 

Cyberbullying –segala tindakan pemanfaatan media elektronik untuk menyakiti seseorang.
Nah! Ini nih yang lagi marak bangettt. Yep, Cyberbullying. Sekilas jenis bullying ini terdengar seperti robot… (*random).  Sering banget kan sekarang kita lihat orang berantem di facebook? Atau twitter? Yah, para monster jahat pelaku bullying melancarkan aksinya mulai dari, meng-upload foto korban tapi yang jelek-jeleknya dan ngetag-tagin temen yang lain, bertujuan untuk mempermalukan korban. Mwahaha. Sering banget kita nemuin hal ini. Yeah, kalo temen lo yang lo kerjain tau kalo lo bercanda dan doi gak sakit hati sih… fine-fine aja. Tapi yang dikahwatiran adalah ‘niat’ yang serius untuk mempermalukan korban di dunia maya. Jahat banget deh-_-
Terus juga, korban dapet ancaman dari berbagai jejaring sosial atau email. Misalnya “Jauhin pacar gue, atau gue kutuk jadi batu!” (oke salah contoh-_-)
Dan yang paling kita lihat sekarang adalah ancaman di twitter. Atau sindiran. Yah begitulah. Nge-tweet hal-hal gak penting untuk bikin seseorang jadi tertindas jiwanya.
Kasus ini pernah dialami sama temen gue. Yah, mungkin emang awalnya salah dia, ngetweet hal yang luamayan ‘sensitif’. Herannya, padahal doi gak eksis-eksis amat twitternya dan usernamenya juga bukan nama asli, tapi  tetep aja ‘kecium’ sama senior dan DUAR! Meledaklah bom tanda peperangan di mulai. Oke, gak perang juga. Perang itu berarti dari 2 kubu melakukan perlawanan. Tetapi ini Cuma 1 kubu menindas yang lainnya. Fix cyberbullying.

Bener-bener kelewatan. Disindir dan diancaman lewat twitter. Contoh: “ @pelaku2: @pelaku1 kita abisin aja neh anaq yang belagu nged neh @korbanmalang “
Atau
“@pelaku3: o jeleq ngedh yha tapi kok co w mo ya punya selinqkuhan kayak l03? Mati aje lo @korbanmalang"ti dari 2 kubu melakukan Gila deh lo jeleq ngedh yha tapi kok co w mo ya punya selinqkuhan kayak l03? Mati aje lo @korbanmalang”
Atau..
“@pelaku4: U KNW WHT? U so pathetic, bastard! Berasa cantik ya avatar lo?”
Atau sindiran seperti..
“@akuirisamadia: Aduh pusing ya? Get die soon. Eh salah, get well soooon wkwkwk RT @akupunyabanyakpacar: aduh lagi pusing nih..”
                …
                Men, dunia kejam
                bahkan dunia maya.
                Di bbm juga.
Aduh, menurut gue pelaku bullying-nya yang justru loser banget. They are not brave enough to do the mean things in real life. Beraninya di dunia maya.
Dan baru-baru ini gue juga denger yang namanya Bullying mental. Jadi gak lewat kata-kata. Tapi berbentuk simbol. Kayak tatapan sinis.

Sooo, actually bullying occurs because of some silly reasons that shouldn’t be a big deal.

Kayak yang menurut gue paling kocak adalah, bullying yang terjadi karena rebutan pacar. Konyol sekaligus miris banget ngedengernya. Gue tau emang CINTA membutakan segalanya, bahkan  membodohkan. Gini deh, yang bisaa gue liat di TV tuh ceritanya ada 1 cewek yang sok dan menindas si korban cewek karena cowoknya si cewek sok ini selingkuh sama si korban cewek. Yodahsih itu kan berarti salah cowoknya juga. Kebanyakan kasus, si korban cewek ini gak tau apa-apa. Bahkan mungkin gak tau kali si playboy ini udah punya pacar. Atau si korban udah tau si playboy punya pacar dan dia juga udah menjuh dan memperingatkan dampak yang terjadi, tapi si playboy batu dan tetep deketin si korban tanpa tahu apa yang bakal terjadi berikutnya sama si korban.

Si korban bakal jadi korban bullying si cewek sok. Jahat.

Miris gak sih? Jijik juga sebenernya. Menindas orang lain untuk kepuasan tersendiri.

Kalo gue lihat dari kasus yang rebutan cowok itu, sebenernya si cewek sok itu marah ke dirinya sendiri, marah sama keadaan. Tapi melampiaskannya ke korban. Kasian. Kalo korbannya yang mulai dan emang bener kegatelan sih ya… gak boleh di bully juga sih. Ah pokoknya kasus kayak gini miris banget deh. Kadang, malu jadi remaja kalo imagenya dekat dengan kasus-kasus konyol kayak gitu.

Alesan bullying lainnya juga gak kalah sepele, mulai dari rebutan temen, sampe rebutan bangku. Mulai dari JALAN ENGGAK NUNDUK depan senior, sampe, yang paling jahat, karena kondisi fisik seseorang yang ‘kurang memuaskan’ atau bahasa yang jahat adalah “Jelek lo!”

Omigosh, jahat bangett. Emang kita bisa milih bentuk fisik kita saat dilahirkan?


Semua alasan terjadinya perilaku peninadasan bullying emang sepele banget dan sering terjadi di lingkungan kita atau bahkan kita yang jadi pelaku, atau malangnya mungkin kita selama in iyang jadi korban.

You guys should know, dampak yang diberikan bullying terhadap korban enggak main-main bahayanya. Mulai dari kerusakan mental korban sampai fisik. Korban bullying akan mengalami gangguan psikologi seperti rasa takut atau cemas berlebihan, stress, depresi, merasa selalu ada yang mengikuti, takut untuk bersosialisasi karena khawatir akan bertemu oleh pelaku bullying, atau bahkan korban ada niat untuk bunuh diri karena tekanan yang dialaminya.

Menurut survei, 85% siswa sekolah menyaksikan langsung tindakan bullying. Then, what should we do? Cuma nonton doang? Ngebiarin semangat berprestasi teman kita hancur karena tindakan para monster bullying? Ngebiarin aja mimpi teman kita hancur begitu saja karena si jalang monster bullying?

Goshhh, seharusnya pelaku bullying itu tau, kalo mereka itu jahat banget.

Satu kasus seperti ini:

Senior yang membully junior. Dan senior hanya menganggapnya sebagai “bercandaan” sebagai “ngerjain” doang. Padahal yang mereka lakukan bener-bener jahat, tanpa mikirin perasaan korban. Mereka ngejek, nyindir, dan ngejadiin si junior sebagai ‘target’. Dan.. mereka cuma nganggep itu sebagai bercandaan!! Jahat banget! Yang sebenarnya terjadi sama si junior adalah, dia tertekan. Dia jadi gak konsen belajar, gak bisa jaga kesehatan, males makan, dan yang dia lakuin all the time is just crying and feeing blue, pathetic, fool, etc.


Si junior udah gak mikirin lagi gimana cara belajar yang baik, gimana mimpi-mimpi dia, cita-cita dia. Yang dia pikirin adalah bagiaman menghindar dari sekolah, atau pindah sekolah. Si junior berusaha sebisa mungkin gak ketemu si senior di sekolah. Bahkan gak mau masuk sekolah. Padahal si junior ini cukup berprestasi sebelumnya, tergolong siswa yang unggul. Tapi karena “bercandaan” yang dilakukan para senior, ia bahkan berniat mengakhiri hidupnya. Monster jahat. 

Banyak banget kasus yang gue denger menyebabkan kematian. Ada siswa SD yang bunuh diri karena gak tahan di sekolah dia diejek anak tukang bubur!


Pasti kesel banget sama semua kasus bullying kan? Gue aja bahkan merasa mau bunuhin satu-satu monster pelaku bullying. Tapi jelas itu salah, mereka juga punya hak hidup, mereka hanya kehilangan hati. Dan kalo mereka baca ini, semoga hati mereka kembali.

Yang bisa kita lakuin adalah dengan tidak ikut-ikutan membully. Sering banget kita mikir “Wah keren nih kalo ikut-ikutan ngebully si dork. Paling enggak, derajat gue di temen-temen naik nih. Eksis eksis. Mantappp.”

Hellooooo?! Saat lo mikir kasta lo bakal naik di depan temen-temen lo saat lo ikutan ngebully, ngejek orang, mempermalukan orang di depan umum, sebenernya saat itu lah lo kehilangan hati! Dan orang yang kehilangan hatinya, berada di derajat yang tidak lebih tinggi dari binatang! Mungkin lo eksis, tapi lo bakal rasain balesannya di kemudian hari. Karma does exist.

Sebaiknya saat kita ngeliat tindakan bullying, kita ngejauh dan gak ikut-ikutan, atau gak nanti si monster pelaku bakal ngerasa “Wah gue dapet dukungan nih buat ngebully doi.” Dan dia bakal ngelakuin bullying yang lebih parah.


Kalo gue anjurin sih, ya kita ngebela temen kita saat di bullying verbal, tapi kalo monsternya kelas kakap ya jangan di lawan, nanti malah memperkeruh keadaan. Dan setelah korban diejek, kita bisa kasih dukungan semangat terhadap korban dan.. Mm kalo gue ya, bakal ngomongin baik-baik ke pelakunya.

Tapi saat bullying udah parah, laporkanlah! Lapor ke orang dewasa, guru atau orang tua. Jangan sekali-kali mikir “Ah nanti jadi ikutan di bully.” Jangan! Bayangkan dengan suara lo, lo bisa menghentikan suatu kasus bullying, lo bisa bantu temen lo dapetin kembali mimpi-mimpinya, semangat berprestasinya.

Dan kalo kita tahu ada 1 temen kita yang dijadikan target oleh pelaku, selalu pantau dia. Awasi. Jangan pernah biarkan temen lo ini sendirian di tempat sepi, khawatir disamperin si monster pelaku dan diapa-apain. Atau mungkin, lo yang jadi korban selama ini? Jangan pernah sendiri, berkamuflaselah di keramaian dan jangan sampe monster nangkep lo.. (oke berasa di film laga banget ya..)


Dan bagi kita yang suka dipalakin, jangan bawa uang yang berlebihan ke sekolah, khawatir dimintain mulu sama si monster. Terus juga, 1 kunci bagi yang suka dibully adalah.. Tampil percaya diri! Balas semua kejahatan si monster dengan senyum yang tergurat di kepala yang menatap lurus ke depan dengan tegak. Jangan kelihatan “lemah” di mata monster, monster tambah puas dan mau ngelakuin bullying lagi nantinya sama lo. Terlihatlah ceria, dengan begini semoga si monster mikir “Ah susah bikin dia susah! Cari target lain aja deh.” Well, itu lebih baik dibanding “Mwahaha dia ketakutan! Mampus lo! Sini gue jenggut lagi!” ….jahat ya.

Well, di posting kali ini gue harap kita bisa lebih peka. Berapa banyak kasus bullying yang udah terjadi. Berapa banyak remaja di luar sana yang takut ke sekolah gara-gara bullying.

Kadang, gue mikir, remaja sekarang tuh lebih takut sama kakak kelasnya dibanding sama orangtua. Emang yang ngelahirin kita kakak kelas kita apa?

Bagi yang merasa jadi korban, STAND UP!

Lo gak salah.

Lo gak bodoh.

Lo bisa. Konsen aja sama mimpi lo, cita-cita lo. Berjuang untuk orang yang lo sayangi. Jangan berjuang untuk menjadi apa yang monster gila itu harapkan.


Mereka punya hak, lo juga! Rebut balik hak lo. Jangan mau direndahin sama mereka! Emang mereka siapa? Mereka kenal lo aja enggak. Cuma asal judge orang. Mereka Cuma sekumpulan orang yang bosen sama hidupnya, jadinye ngerecokin hidup orang lain.

C’mon! Jangan ngedown terus. Ayo bangkit! Saat inilah lo harus jadi ‘katak yang tuli’. Tutup kuping lo jangan dengerin sampah yang keluar dari mulut mereka!

Okay, no offense seriously, tapi gue beneran kesel. Maksud gue, wahai monster, siapa kalian sih? Oke kalian, monster. Tapi.. berasa jagoan banget deh. Bahagiain orang tua aja belom bisa, udah sok-sok-an nindas orang lain.

Hey monster, bayangin deh kalo bullying yang lo lakuin sekarang itu terjadi sama anak-anak lo di kemudian hari, keturunan lo. Gimana rasanya tuh? Tega ngeliat anak lo dibully? Inget yap, karma does exist.


Well, gue harap posting kali ini bakal nyadarin banyak pihak sama bahayanya bully itu sendiri. Dan bully bukan suatu kenakalan remaja biasa, tapi ini adalah ‘sesuatu’ yang harus kita benahi bareng-bareng, orang dewasa juga perlu turun tangan.

Mungkin pemerintah bisa lebih banyak melakukan sosialisasi tentang bullying agar kita bisa lebih peka, dan mungkin pemerintah bisa melakukan pelatihan terhadap guru agar guru bisa lebih peka terhadap siswanya yang menjadi korban atau pelaku bullying. Jadi bullying dapat lebih diminimalisir lagi jumlah kasusnya.

Sebenernya bullying terjadi gak cuma di dunia remaja, tetapi di banyak usia, di banyak tempat, dan dimana-mana.
"Everyone has the right to be respected
          and the responsibility to respect others"
www.bullying.org




And here's the song that inspired me a lot :) Thanks, Ms. Swift
#stopBULLYING

Love,
Gita

P.S. I might really afraid of bullying before I entered High School. But now, after I felt it, I saw it happened to myself and my friends with my naked eyes, after I heard all the bullshit that she said., I'm not afraid of it, I'm not afraid of her/him. I stand up for that! STOP BULLYING!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar