5/19/2011

The real test in my life. Me suck.

Postingan kali ini cuma curahan hati gue. Gak penting. Close tab gih buruan.


Sabtu pagi, 14 mei. Hari dimana anak kelas 9 RSBI 49 menjalankan ujian Direktorat mata pelajaran Science. Hari dimana dari pukul 7 gue udh nge-sms-in 3949, berharap gue tau hasil tes mandiri gue di salah satu SMA imipian gue.


Pukul 8. Dimana pengumuman sudah bisa diakses dari internet. Gue deg-deg-an sampe mati, penasaran woy. Keterima gak ya keterima gak ya. Kalo gue gugur di tes yang pertama ini, gue gugur di segalanya. Gak ada tes TOEFL, gak ada PSIKOTES, Tes Komputer, gak ada wawancara.


I just got freaked!


Pukul 10 pagi, kira-kira ujian direktorat selesai. Huuu sebenernya selama ujian, gue sama grace udh berusaha ngakses internet lewat HPnya grace, tapi gak berhasil, maklum dari HP. Tambah deg-deg-an aja. Beberapa siswa udah girang keterima di SMA pilihan, mungkin mereka dikabarin orangtua mereka kali. Dan banyak siswa yang juga sedih dan berwajah muram karena nggak keterima di SMA pilihan. Dua golongan siswa yang berbeda. Pertama, senang. Kedua, sedih. Dan gue masuk ke golongan yang kedua.


Awalnya gue nanya semua siswa, "Eh pada liat nama gue gak?"
Semua gak ngehirauin gue. Sibuk sendiri sama kesenangan atau kesedihan mereka. Gue penasaran, tadinya mau langsung ke SMA tujuan, liat hasil pengumuman. Tapi gue takut sia-sia. Jadi gue dan kawanan gue langsung cabut ke warnet terdekat dari Gedung B...



Masuk WARNET, nyerebot komputer, suruh temen gue buka Mozila, Error, deg-deg-an, akhirnya berhasil buka Mozila, ke web http://www.jakarta.siap-psb.com/, klik Hasil Tes, klik RSBI, SMA, SMA pilihan. Daftar nama orang-orang yang beruntung masuk SMA pilihan gue, imipian gue, terpampang disana. Dan BAM! Gaka ada nama gue. Gak ada. Sampe botak gue nyari juga gak ada. Orang nilai gue aja 79.54. Sedangkan yang nilainya terendah diterima di SMA pilihan gue aja 79.95.


setan


Tadinya gue masih gapercaya. Serius deh. Gapercaya. Sedikitpun. Maksud gue, please deh. Serius nih? Gue gagal? Masa sih? Gue yang udah usaha tiap malem belajar dan doa, gak keterima? Gue gamau sok alim atau sok rajin. Gue cuma bilang kenyataan. Serius nih, Gue masih gapercaya saat itu. Bahkan gue rasa gue masih punya harapan untuk itu, yang padahal emang udah gak ada harapan. Ngerti kan? Berharap pada sesuatu yang tidak dapat diharapkan.


Gue berusaha percaya sama kenyataan. Kenyataan gue gagal. Gue lemes. Gak sanggup berdiri. Rasanya suara gue tercekat. Gabisa ngomong apa-apa. Yang bisa keluar dari mulut gue cuma, "Gue ga-ga- gal." Lemes, gue jatoh, dan berharap terbangun dari mimpi buruk. Dan sayangnya, ini bukan mimpi buruk. Kenapa sih dunia ini jahat? Gak adil banget.......


Kenapa sih? Kenapa gue yang sial? Kenapa gak orang lain? Gue udah usaha sungguh-sungguh lho! Kadang gue sebel dengan orang yang ngedoain gue "Semoga dieberikan yang terbaik" kenapa sih mereka gak doain gue "Semoga keterima di SMA ini, anulah, itulah" Kenapa? Kenapa yang terbaik bagi gue gak dikabulin sih? Astaga gue udah usaha setengah mati nih. Kenapa dunia jahat sama gue? Kenapaaa? Kenapa harus gue yang sial? Gue bego ya? Tapi gue udah usaha kok, dan kata orang-orang yang penting usaha untuk mencapai impian kan? Kenapa orang-orang itu salah? Kenapa? Kenapa gue gak seberuntung yang lain? Kenapa? KENAPA?!


Awalnya gue cuma nangis sedikit. Karena gue rasa masih punya harapan. Yeah, bergantung harapan pada NEM. Siapa tau bagus. Tapi gue nangis kejer saat gue tau SMA RSBI gak nerima NEM lagi. Dan itu berarti, gue gabisa melanjutkan ke SMA RSBI. Percuma SMP gue RSBI, padahal buat persiapan ke SMA.


Setan kedua.


Berjalan ke gedung A dengan bahu Peni yang basah kena air mata gue. Gue gagal. GAGAL. G-A-G-A-L. Apa kata temen-temen gue? Apa kata kakak kelas gue? Apa kata adek kelas gue? Apa kata guru-guru? Apa kata tetangga gue? Apa kata saudara-saudara gue? Apa kata adek-adek gue? Apa kata nenek-kakek gue? Apa kata orang tua gue????


Gue gagal bikin bangga mereka semua.


Gue nangis 2 hari semalemean gabisa berenti. Yaiyalah, gue anggep itu wajar. Maksud gue, ini bener-bener dilura dugaan! Dari kecil, itu SMA impian gue. Bayangin, dan cuma dalam sehari, 14 Mei, hari pengumuman, impian gue jatuh berkeping-keping! Gak ada sisa..... Gak ada harapan...


Tapi gue beruntung banget, punya temen-temen, sahabat yang selalu dukung gue dan selalu bilang "Git, mungkin ini jalan Allah, ini yang terbaik buat lho, Tuhan punya rencana lain git." Semoga mereka benar. Wahai Malaikat, catatlah perkataan mereka.


Dan gue beruntung punya keluarga yang selalu dukun gue. Especially my Mom! Dia yang selalu nyemangatin gue, selalu bilang kalo "Kegagalan adalah awal dari keberhasilan kallau kita langsung bangkit dari keterpurukan, tapi kalau kita putus asa, kegagalan itu adalah awal dari bencana."


Alhasil, sekarang gue udah gak kalut lagi kok. Semangat. Emang sih gue gapunya nilai tinggi kayak yang lain, gue gak punya prestasi yang sangat membanggakan jadi bisa masuk jalur prestasi, emang sih gue gapunya bakat yang luar biasa jadi bisa keterima di sekolah manapun. Tapi. Gue. Masih. Punya. Semangat.


Tapi, dari dulu, gue selalu percaya impian. I read The Secret. Tau kan? Itu lho buku yang membahas tentang hukum tarik menarik di dunia ini. Yah, sedikit banyak gue percaya sih. Masalahnya gue udah usaha banget dari dulu biar masuk sekolah impian gue. Tapi.... gue masih mikir, kok gini sih? Mana hasil belajar gue selama ini? Mana??


Tapi. temen gue yang namanya Caca buka mata gue lebar-lebar. Ini ujian gue yang sebenarnya. Ini apa yang dimaksud dengan 'belajar' sesungguhnya. Belajar untuk qanaah. Menerima apapun yang diberikan Allah. Dulu gue kira, gabakal gue ngerasain qanaah gini. Gabakal. Dan dulu gue juga sempet baca artikel di majalah, curhatan cewek yang mengimpikan SMA harapan tetapi gak keterima dan dia bersyukur karena di SMA yang lainnya dia enjoy banget. Tapi... tapi saat itu gue gapercaya. Gapercaya sama semua kegagalan. Gue anggep semua itu bisa gue raih dengan usaha maksimal. Tapi, yeah, Human may plan, but God has Its own plan.


Ya sudahlah, mungkin ini ujian buat gue. Ujian hidup. Mungkin kalau gue udah bisa melewati masa-masa kalut dan bangkit di sekolah yang lain, gue bisa bertahan di dunia ini dengan kesuksesan. Mungkin. Hanya mungkin. Siapa yang tau? Yang penting udah usaha. Manusia hanya bisa usaha dan pasrah.


Dan lu tau SMA impian gue itu apa?


Smandel. Ha. Udah gapenting dibahas.  Bye.


Good luck yah buat yang keterima di SMA pilihan, dan jangan pernah patah semangat buat yang gak keterima di SMA pilihan, kita sama-sama berjuang ya buat membuktikan pada dunia bahwa kita juga bisa lebih dari mereka yang sukses! Amin.


Man Jadda Wajada! Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil! (akhirnya gue baca buku Negeri 5 Menara  rekomendasi Caca, baru awal-awalannya doang sih bacanya)


Semoga semua pertanyaan gue yang kenapa-kenapa-kenapa itu segera dijawab oleh waktu. Semoga.
Love,
Gita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar