8/20/2013

Korban

Korban. Keren gak sih judul postingan kali ini? Coba jadi judul film. Ohiya, ditambah "The" mungkin ya? "The Korbans". Cukup.
Gak penting sih, sampah diatas sama sekali tidak menggambarkan apa yang ini gue sampaikan.
Tahu gak arti dari pengorbanan?

Kalo korban?


Kalo cinta? 

(Duuh jangan pikirannya langsung galau dulu deh. Biasa aja keles.)


Kata mama, cinta itu adalah pengorbanan dan tak perlu ucapan. "Yang namanya cinta itu gak usah diomongin, tapi coba lihat seberapa besar pengorbanannya. Karena gak semua orang ingin berkorban." Gak semua orang ingin berkorban dan jadi korban, iya kan?

Gak perlu seorang Ibu bilang "Aku sayang kamu anakku tercinta." Dari pagi ke pagi lagi untuk nyatain rasa sayangnya. Tapi cukup dilihat bagaimana dia ingin berkorban. Berkorban jam tidurnya, ngorbanin waktunya senang-senang ngumpul sama temen-temennya cuma buat nunggu kita pulang sekolah, dan masih banyaaak lagi.

Belom tentu loh orang lain bisa ngelakuin itu. Coba kita, buat mengorbankan waktu beberapa detik saja di jalan untuk membiarkan seorang pejalan kaki menyebrang, kadang gak mau kan?

Atau... Contohnya kucing gue. Gue gak perlu bilang ke kucing gue "Love you banget Chibi imutimut nyunyunyu." Percuma toh dia gak bakal ngerti. Tapi gue rela berkorban kok demi dia. Gue rela nyediain waktu gue buat ngasih makan dan minumnya. Bahkan mengorbankan waktu gue untuk bersihin kotorannya, malah kadang dia buang kotorannya suka berantakan:(. Gak semua orang mau lakuin itu.

Dan gak semua orang, rela nunggu lo pulang sampe malem, karena lo suka gak ngasih kabar.

Dan gak semua orang, rela menafkahi lo dengan ikhlasnya. Kalo mau egois, Ayah kita semua bisa aja bilang, "Wong ini uang Bapak yang cari pake keringet bapak. Ya uang ini buat bapak semuanya." Tapi enggak kan? Dia menghidupkan lo dan ibu lo dan adek kakak lo kan? Tapi apa dia ngomong, "Bapak berkorban buat kamu, nih uang jajan kamu."?

Memang, menurut gue, pengorbanan itu gak perlu suara. Gak perlu bicara, ya, hanya tindakan. Dan buat orang-orang yang ngomong, "Please berkorban dikit kek!" Atau kata-kata sotoy tentang pengorbanan lainnya, kalian berisik. Karena sering kali orang yang berkata seperti itu, gangerti apasih pengorbanan yang sebenarnya.

Nah, berhubung momennya pas banget nih masih suasana 17an (bendera masih berkibar di beberapa rumah --salah satunya rumah gue; karena pemiliknya males nurunin), sedikit banyak makna pengorbanan itu bertebaran di sejarah kemerdekaan RI. Yah, kalo ngomongin yang dulu-dulu, lo semua udah tau lah, banyak pahlawan berkorban buat kita merdeka, Indonesia merdeka.

Sekarang, coba kita lihat sekitar kita. Banyak yang gak ngerti arti cinta dan pengorbanan. Kenapa dikaitkan dengan cinta? Karena dengan cinta tidak akan pengorbanan. Orang tua sayang sama anaknya, dia berkorban. Gue gemes sama kucing gue, gue berkorban. Pahlawan cinta sama Indonesia, beliau berkorban. Terus kalo orang-orang yang sekarang, gimana?

Kalo yang sekarang, mengorbankan. Bukan mengorbankan diri sendiri. Tapi mengorbankan orang lain tanpa rasa salah.

Mau contoh? Buang sampah sembarangan, banjir, terus ngomongnya, "Salah gue gitu? Salah ibu bapak gue?" Hell yeah, gara-gara lo buang sampah sembarangan, dan ibu bapak lo yang gak ngingetin lo, ratusan orang merugi karena banjir. Dan lo gak pernah merasa bersalah kan?

Ribut pas upacara, akhirnya guru marah-marah dulu, upacara jadi tambah lama, ada yang pingsan. Lo gak merasa bersalah kan? Ya mungkin lo bakal merasa bersalah kalo ternyata yang pingsan adalah diri lo sendiri.
Nyontek, dapet 100, ulangan lagi, nyontek lagi, awalnya 5 nomor jadi 51 nomor, keasikkan nyontek. Enak sih. Tapi lo gak ngerasa bersalah atas pembodohan yang lo lakukan terhadap diri lo sendiri? Gak malu gitu pas udah lulus ternyata gangerti apa-apa? Gak malu gitu nanti anak lo juga ikut jadi pencontek? Inget loh, buah gak jatoh jauh dari pohonnya. Kalo pohonnya di rumah, gak mungkin buahnya di sekolah. Kecuali udah dimalingin anak tetangga sebelah.

Dan buat para petinggi negara beserta pejabatnya, Pak, Bu, dulu para pendiri bangsa berkorban loh buat Indonesia, dalam kondisi apapun mereka berkorban. Bahkan mereka meninggalkan kita semua dengan rasa bersalah karena belum bisa menjadikan Indonesia yang terbaik diantara negara-negara di dunia (terlebih dalam aspek ekonomi). Karena apa? Karena mereka cinta Indonesia.

Nah, kalo Bapak sama Ibu yang sekarang duduk di kursi DPR, sayang sama Indonesia juga kok, saya tahu. Sayang Indonesia, kalo bisa kolusi. Sayang Indonesia, kalo dapet 'bonus' dari uang rakyat, sayang Indonesia, kalo hidup enak. Sayang Indonesia, kalo mobil banyak. Sayang Indonesia, kalo pergi kemana-mana bisa asal serobot antrian. Ya kan? Banyak 'kalau'nya ya. :)

Loh katanya Bapak Ibu cinta Indonesia, kok malah tidak ingin berkorban untuk negeri? Bahkan mengorbankan negara sendiri untuk kesenangan duniawi? Kok mengorbankan harga diri sebagai manusia yang punya akal dan budi pekerti untuk sekedar beli mobil bergengsi? Tanpa rasa bersalah lagi.

Overall, negara kita memang sudah merdeka. Namun pribadi-pribadi rakyatnya yang masih terjajah. Coba deh, evaluasi masing-masing aja.

Gak perlu orang lain kok yang nentuin lo salah atau benar. Cukup diri lo sendiri, dan Tuhan yang mengadili di Hari Akhir.


"Merdeka adalah ketika suara nuranimu tak lagi
sembunyi."
― Helvy Tiana Rosa
"Dengan jalan menambah kecerdasan akal, bertambah murnilah kemerdekaan berfikir."― Hamka
Ngomong-ngomong soal pengorbanan, kalian boleh banget melakukan pengorbanan buat apa yang kalian cintai. Asalkan satu syaratnya: jangan jadikan diri kita sebagai korban. Lakukanlah pengorbanan tanpa korban!

Dan sebenarnya pengorbanan hanyalah masalah prioritas kasih sayang. Iya gak sih? Itu menurut gue ya.. Haha.

Salam Merah Putih!
Gita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar