12/13/2012

MOVIE REVIEW: 5 CM - Kekuatan Mimpi di Puncak Tertinggi


Hey guys, so now I come up with the movie review, titled 5 CM.

Pasti ada yang tau dong film yang satu ini. Film 5 CM lagi jadi hot topic banget nih di Indonesia. Gak kenal umur deh. Yang muda sampe tua, pasti 'kena' banget sama film ini.

Film yang dibintangi oleh Herjunot Ali (Zafran), Fedi Nuril (Genta),  Denny Sumargo (Arial), Igor Saykoji (Ian), Raline Shah (Riani), dan Pevita Pearce (Dinda) ini diangkat dari novel karangan Donny Dhirgantoro yang jadi National Best Seller. Sebenernya novelnya udah ada sejak gue SMP, tapi belom begitu jadi omongan kayak pas sekarang gue SMA. Apalagi pas poster-poster filmnya dipajang. Bikin penasaran banget soalnya tayangnya mulai 12.12.12 loh! Nice date for perfect movie!

Dan untuk yang udah baca novelnya. Gak nyesel deh nonton filmnya. Banyak bagian yang mirip kok, as we known kadang kalo dari novel ke film pasti banyak yg berubah dan mengecewakan. Hal itu gak terjadi kok sama @5cmthemovie. Hanya yang gue herankan, pas baca novelnya, bayangan gue terhadapo Zafran itu.. Anak yang kumel banget, seniman abis, rambut gondrong keriting-keriting, jenggotan, kurus, item, ceking tinggi gitu. Tapi kenyataannya: HERJUNOT ALI!!

Iya, jadi pemilik account twitter @Herjuno7Ali inilah yang berperan sebagai Zafran. Sedangkan Fedi Nuril (@fedigarasi), aktor yang namanya melejit banget sejak main Ayat-Ayat Cinta ini, berperan sebagai Genta. Awal film sih tebakan gue ketuker antara Genta dan Zafran hehe.

Walaupun tema persahabatan pastinya mainstream abis tapi film ini beda. 5 cm 'nyentuh' kita di berbagai aspek kehidupan. Mulai dari persahabatan. Mereka ber5 sahabatan dari zaman sekolah sampai dunia kerja, ngebuat kita yang nonton terpesona sama indahnya, uniknya dan betapa longlastingnya suatu persahabatan. Ngebuat gue pribadi kangen temen-temen SMP gue, dan gak mau kehilangan temen-temen SMA gue.

Selain persahabatan, juga ada cintanya. Film yang bergenre Drama ini, nyodorin kita Cinta dari gambaran kehidupan sehari-hari. Zafran yang naksir berat sama adeknya Arial, yaitu Dinda. Dan Genta yang diem-diem naksir Riani. Arial yang selalu gugup kalo ketemu cewek yang dia suka. Bahkan Ian yang ngefans berat sama Happy Salma. Manis dan lucu banget deh. Bikin kita yang nonton, inget sama gebetan masing-masing haha.

Arial, Genta, Zafran, Riani dan Ian si endut ini udah sahabatan hampir 10 tahun, dan mereka ngerasa bosen sama persahabatan mereka yang gitu-gitu aja. Mereka ngerasa gak punya teman lain ya... Selain mereka-mereka aja. Sampai akhirnya ke5 sahabat ini memutuskan untuk gak berkomunikasi selama 3 bulan.
Setelah 3 bulan, mereka ber5 mendapat kejutan dari Genta yaitu sebuah perjalanan spesial. Perjalan mendaki gunung Mahameru, puncak tertinggi di Pulau Jawa! :O
Taruh puncak itu di depan kita, dan jangan lepaskan!Yang kita perlukan adalah kaki yang berjalan lebih jauh, dan tangan yang berbuat lebih banyakLeher yang akan lebih sering melihat ke atasMata yang akan menatap lebih lama dari biasanyaLapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari bajaHati yang akan bekerja lebih kerasSerta mulut yang akan selalu berdoa.


Kata-kata itu yang dikatakan mereka pas mau  mulai mendaki gunung. Pas disini, air mata gue mulai ngalir. Selama mereka mendaki gunung, mulut gue gak berhenti ngucap 'Subhanallah' loh.
Film yang disutradarai oleh Rizal Mantovania benar-benar memperlihatkan keindahan Indonesia lewat  Gunung Mahameru.

Mise en Scene dari film ini juga patut diacungi jempol. Artistiknya dewa banget!! Komposisi gambarnya, aspect rationya, editing, suara, angle pengambilan gambarnya dan segala unsur sinematiknya DEWA!

Bagi gue klimaks dari film yang membutuhkan helikopter buat shootingnya ini, adalah saat mereka ber5 dan adek kembarannya Arial alias Dinda, mencapai Puncak Mahameru bersama pendaki lainnya, dan soundnya memutar lagu Indonesia Raya. Berrr ngucur tuh air mata. Mewek aja entah kenapa. Mereka menancapkan sang saka Merah Putih, hormat dan mengucap janji terhadap Bangsa Tercinta. Film 5 CM ngajak kita buat lebih cinta sama Indonesia dengan cara yang berbeda, unik, dan benar-benar 'ngeresep' deh.

Film yang soundtracknya banyak diisi oleh Nidji ini bener-bener wajib ditonton (lebih dari sekali). Walaupun gak sama persis sama novelnya, but still worth it. Bikin kita semangat lagi, dan cinta lagi sama Indonesia, Tanah Air Beta.

5 CM deserves a lot of movie awards. Maju perfilman Indonesia!
Dan setiap kali impian dan cita-cita muncul, letakkan di depan kening kita,Jangan menempel, biarkan menggantung 5 cm di depan kening,Supaya tidak terlepas dari mata kita.Dan yang bisa dilakukan seorang manusia terhadap mimpi dan keyakinannya adalahIa hanya tinggal mempercayainya.

Dreams, faith, fight.
Calon Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia 2014,
Gita

P.S. Herjunot Ali, Fedi Nuril, you got me

Tidak ada komentar:

Posting Komentar