5/31/2012

Thanks, May!

Hai! Sekarang udah tanggal 31 Mei 2012 nih. It means today is the last day of May.

Saya bener-bener amazed dengan bulan Mei. Kenapa? Karena semua klimaks ada di bulan ini :)

Iya. Semuanya. Dari mulai pelajaran, PK,  teater. Semua-semuanya klimaks di bulan ini. Dari air mata sampe senyuman :'"") *agakberlebihan....

Tapi, serius. Coba kita inget-inget ada apa ya di awal bulan Mei.

Shooting iklan layanan masyarakat untuk Festival Karya Pelajar dan Mahasiswa yang diadain sama FIKOM-nya Universitas Moestopo. Gak mudah untuk memulai proses produksi. Gak. Gak sama sekali mudah :"""

Jadi awal konsep iklannya maunya tentang Narkoba. Pada suatu hari ada guru saya yang bilang kalo dia punya ide yang bagus banget buat iklan layanan masyarakat tentang narkoba. Kira-kira begini: "Jadi gini, kalau saya bikin iklan saya mau awal shootnya kalender terus kaki mayat, lalu diiringi oleh lagu Selamat Ulang Tahun. Klimaksnya kamera ngeshoot kaki mayat yang ada kertas tulisan tanggal lahir, wafat dan akibat wafat. Nanti tanggal di kalender sama kayak tanggal lahir dan wafatnya dia. Akibat meninggalnya adalah overdosis. Jadi, disaat seharusnya dia merayakan hari jadinya, tapi dia udah duluan pergi. Kira-kira begitu." ZENGG *pura-puranya suara terpukau*

"Gila! Keren banget konsepnya!" Itu satu-satunya hal yang muncul dipikiran gue pas ngebayangin konsep dari doi. Beberapa hari kemudian, kita rapat dan ngajuin untuk make konsep dia buat iklan. Btw, pengajuan itu juga didasari oleh kebuntuan ide... hehehe. Karena jujur, rada minder untuk ikut lomba ini. Karena dari 6 kali seminar yang sebelumnya diadain, kelompok gue cuma dateng 2 kali. Pertemuan pertama, dan terakhir. He he he. Dan di 2 pertemuan itu, untungnya yang ngisi asik-asik. Yang pertama sama Mpok Mercy, pencari bakatnya RCTI. Yang terakhir sama Lembu Club 80's.

Back to the topic, berhubung KATA DIA belom pernah ada yang wujudin konsep DIA, doi semangat banget tuh dukung kita buat bikin iklan sesuai dengan konsep dia. Ok, kita susun storyboard, setting, jadwal shooting dan mulai berburu properti. Sampe akhirnya kita beli properti............. sabar-sabar belom nyampe klimaks.

Dan pada suatu malam yang damai (ehm, lo tau kan 'damai' di kamus remaja itu gimana...
Gue ceritain konsep itu ke salah satu temen gue dengan niatan minta bantuannya juga. Karena emang dia jago banget dalam hal editing, dan konsep yang biasa dia ceritain ke gue juga menarik-menarik. Sampe akhirnya dia bilang kalo guru gue itu bohong...................................................

"Git, PSA yang kayak gitu itu udah ada. Itu PSA tahun lalu. Bapaknya bohong, bukan konsep dia itu. Orang diputerin kok iklan yang itu di kelas waktu jam pelajaran."

jleb

Okay...................................................................................TERUS GIMANA T_T
Bayangin dong lo gue sepanik apa. H-berapa hari menuju produksi tapi konsep BATAL SEBATAL BATALNYA. Bayangin dong lo. Kurang dari 2 minggu menuju deadline, tapi konsep BATAL. Bayangin dong lo, udah nyusun storyboard. Bayangin dong UDAH BELI PROPERTI. Uang tuh uang weyyy!

Gondok juga gue sama dia. Ditipu itu....... sakit.

Tapi, ya salah juga gue minta konsep ke dia. Yasudahlah, daripada panik sendiri mending muter otak bikin konsep sendiri. Dan, yeah terciptalah konsep iklan bertemakan STOP BULLYING kurang dari 1 jam :)

Entah kenapa, konsep itu emang baru saat itu muncul dari otak gue. Tapi, rasanya itu kayak cita-cita gue (?)
Bukan, bukan bullyingnya-_- Tapi, entah kenapa, untuk mewujudkan PSA anti bullying (sekalian kampanye(?)) sesuai konsep gue tuh kayak dream comes true. Pokoknya bener-bener konsep itu ngalir lancar dari pikiran gue. Kayaknya tuh diri gue udah bikin konsep itu duluan pas... mungkin pas lagi mimpi kali ya :/

(Ngomong-ngomong soal mimpi. Gue suka banget kalo gue lagi tidur dan gak mimpi buruk. Karena di dalam mimpi gue bisa mikir, gue kayak sadar sepenuhnya di mimpi gue. Gue kadang bisa nyusun mimpi gue sendiri. Atau kalo gue lagi gak suka sama mimpi gue saat itu, gue bisa maksa diri gue buat bangun. Atau kalo saat gue suka banget sama mimpi gue dan tiba-tiba gue kebangun, gue paksa aja diri gue buat tidur lagi dan lanjutin mimpinya. Seru kan. Dan gak jarang loh gue terinspirasi dari pemikiran-pemikiran dan kejadian-kejadian yang ada di alam bawah sadar gue itu.)

Malam itu gue tidur dengan deg-degan karena takut juga nih konsep gue ditolak sama kelompok gue. Karena bagus buat gue kan belom tentu juga bagus bagi semuanya. Tapi Alhamdulillah karena keesokan paginya konsep gue tentang PSA STOP BULLYING ini didukung sepenuhnya sama kelompok gue. Besok-besoknya kita bikin narasi dan storyboard, nyari talent, mikir setting dan semua-semuanya di sela-sela jam pelajaran. Sampai akhirnya......hari produksi pun tiba.

Janjian sabtu pagi di sekolah jam 8. Dan yang lain baru pada dateng jam 9 :)
Gak ngerti lgi gue sama orang Indonesia....
Semuanya sudah siap, dan tiba-tiba ada yang lupa bawa kamera. GREAT!! WHOAA SELAMAT! Shooting aja sana lo pake daun. Asdfghjk!@#$%^&

Bener-bener gak ngerti lagi gue sama hambatan yang ada. Tapi untungnya salah satu temennya temen gue (yang sekarang udah kenalan sama gue, tapi masih gak tau dia udah ngenggep gue temen dia atau belom) mau ke sekolah buat minjemin DSLR-nya. Pheuw.

Shooting berjalan lumayan mulus. Walaupun pasti emang ada hambatannya. Huft 'hambatan'. Kenapa sih kamu selalu ada dimana-mana? Bahkan di Fisika pun kamu menyamar sebagai Ohm

Proses editing langsung diabisin dalam satu hari kemudian. Yaitu hari minggu. Bener-bener kerja ngebut. Kenapa? KARENA DEADLINE-NYA HARI RABUNYA YA :"""

Tapi, Alhamdulillah untuk edit iklan durasi 1 menit ternyata cukup ngedit dalam 1 hari penuh.

Wah, kedengerannnya bulan Mei 'masalah'-nya gak beda jauh sama bulan lain. Mm, tapi selama hari-hari sebelum produksi. Masalah bukan ada di ini doang. Tapi ada di ekskul dan pelajaran. Yak, pelajaran gue muali turun nilai-nilainya. Hampir semuanya. Gue gak mau speenuhnya nyalahin diri gue karena gak bisa bagi waktu lalalala seperti orang lain bilang. Karena gini aja deh, gue ngerasa gue udah give all what I have, terus sekarang gue mau nyalahin diri gue sendiri yang udah kerja keras. Enggak, gak sepenuhnya.

Kadang kondisi yang bikin kita kayak gini. Kadang kita emang gak bisa milih. Jakarta keras.

Disaat hari-hari sebelum produksi, gue harus mikirin storyboard, narasi, jadwal shooting ditambah pelajaran yang nilainya harus dikejar, terus juga banyak dispen karena harus ikut seminar ini itu (tapi keren dan beruntung banget gue bisa ikut diskusi publik tentang jurnalistik) dan harus latihan Teater buat FL2SN yang jatuh pada hari kamisnya (selama seminggu gue dispen mulu, cuma masuk selasa sama jumat) DAN JUGA harus mikirin buat kurasi FTS. Yang belom tau FTS itu apa, jadi FTS adalah Festival Teater Se-SLTA Jakarta. Ini lomba tahunan yang diikutin sama 26. Dan kita udah daftar buat kurasi kali ini. Tapi H-1minggu belom ada kejelasan kita bakal nampilin apa. Panik gak lo.....................

Dan kalo ngundurin diri, bakal didiskualifikasi 3 tahun. TAMBAH PANIK GAK LO.

Yak, semuanya bener-bener mencapai klimaks. Tapi untungnya pada hari rabu deadline iklan, kita berhasil ngumpulin itu :)

Dan H-2 kurasi FTS. Kita baru mulai latihan dari awal. LIKE A BOSS GAK TUH. Jumat, Sabtu, yak selama 2 hari itu gue pergi pagi pulang malem. Pagi sampe sore latihan di sekolah dan malemnya latihan di Taman Honda. Itu tuuh taman di daerah Tebet yang suka dipake shooting Super Trap. Wkwkwk.

Tapi, perjuangan kita gak sia-sia kok! Karena Teater 26 lulus kurasi yeay! Broadway ahead B)


Eits, ceritanya belom selesai nih. Jadi saat kurasi tanggal 13 itu, harusnya kita dateng kurasi PSA FKPM. Tapi kita kan main kurasi FTS juga, jadi izin ke panitia FKPMnya kalo kita emang berhalangan dateng. Dan besokyna dikasih tau kalo iklan kita udah di upload ke Youtube dan tinggal di LIKE sebanyak-banyaknya untuk nentuin juara favorit. Sampai akhirnya kita gak nemuin video kita di Youtube................

Akhirnya kita hubungin panitianya. Dan ternyata... 2 KARYA DARI 26 BELOM ADA YANG DITERIMA. Fine

Jadi ternyata ada kesalahan dalam proses submission kita. Intinya panitia belom nerima karya kita. Dan untungnya paniti-nya mau bantu kita. Mereka ambil karya kita ke sekolah dan ngeusahain biar juri-jurinya ngadain kurasi ulang. Untungnya, berhasil. Karya kita berhasil dinilai sama juri dan masuk ke Youtube buat ikut bersaing sama iklan lain buat jadi juara favorit.

Tapiii, selama hari-hari setelah kurasi dan hari-hari menunggu pengumuman FKPM yang jatuh pada tanggal 20, gue gak bisa santai. Karena harus mempersiapkan acara Forum Diskusi PK yang jatuh ada tanggal 19-nya. Lo bayangin dong gimana sibuknya..

Rasanya kalo gue punya jurus seribu bayangannya Naruto, gue bersyukur banget kali. Atau gak, gak usah muluk-muluk deh, kalo aja gue bisa bertunas kayak Hydra... Atau, andaikan gue mempunya daya regenerasi yang tinggi kayak Planaria...

Dan selama hari-hari gue sibuk ngurusin proses submission iklan, sibuk nyiapin acara PK, gue juga sibuk ngatur shooting tugas Bahasa Inggris. Yaitu bikin video tentang news reporting gitu deh. Yeay, klimaks pun terjadi gak cuma sekali. Kapan anti-klimaks T_T

Alhamdulillah acara Forum Diskusi PK yang ngundang PK dari sekolah lain ini juga berjalan dengan lancar.


Besoknya, tanggal 20, gue harus dateng ke Malam Penganugerahan (kece kan namanya). Disini diumumin pemenangnya. Tapi, perjalan gue ke TEMPATnya pun gak berjalan dengan mulus. Banyak terjadi hambatan. Cih lagi-lagi.

Gue dateng dengan salah kostum. Karena gue gak pake batik. Karena gue gaktau batik gue kemana. Kayaknya satu-satunya batik yang gue temuin di lemari gue tuh cuma batik sekolah. Gak ngerti lagi deh gue.. Malu :(

Dan gue dateng 1 jam lebih awal dari jadwal acara. Lalu acaranya ngaret 1 jam. Jadi, total gue celingak-celinguk gak ada kerjaan adalah 2 jam. Saat acara di mulai, MCnya sempet bilang. "Yang sekolahnya saya sebut, berdiri dan bersorak." Ok. Sip.

MC: "SMA NEGERI 26!"
*hening*

*hening*

*hening*

Gue: "KITA WEY KITA!!"

Yang dari 26: "YEAAY!!! WOOHOOO!! AAAAA"

Kecanggungan pun berakhir dan suasana mulai mencair.

Yak, dibacakan juara 3... juara 2... YEAY! Kelompok 1 dari 26 nyabet juara 2 ketagori pelajar! How proud!

Dan, pengumuman juara 1 di pending mulu sama penampilan-penampilan. Gue deg-degan setengah mati. Masalahnya, kalo gak dapet juara sama sekali... sedih T_T

And during the performances, gue otp sama ibu bapak gue ya...

Mama: "Gimana pengumumannya?"
Gue: "Belom nih Ma. Aduh deg-degan. Doain ya Ma."
Mama: "Iya Nak pasti Mama doain. Nanti kabarin Mama ya hasilnya."
Gue: "Oke Ma."
Mama: "Gimana hasilnya?"
Gue: "Belom Ma, belom T_T"

Bayangnyakan berapa lama dialog itu terulang....

Sampai akhirnya... JUARA 1 TIM 2 SMAN 26!
YEAAY! So glad to be there. Bener-bener seneng klimaks. I love the fact that I was there, so when they called us, I went up to the stage. And I was there.




Seneng banget pastinya. Perjuangan gak sia-sia. Bener-bener berbuah. Walaupun gue agak heran, sebenernya gak ada buah sama sekali di cerita tentang bulan Mei ini....

Dan pada tanggal 23-nya Ibu gue ulang tahun. Gue akuin gue terlalu sibuk jadi gak sempet mau mikirin hadiah apa yang bisa dikirim ke Kalimatan. But, I had this gift. And Mom does really worth it. Piala Juara1 :)
Semuanya, gak lepas dari dukungan keluarga {}

Tapi, gak sampe situ doang perjuangan gue di bulan Mei. Karena masih ada agenda lagi nih. Gue dan temen-temen PK lainnya harus nyiapin acara Farewell Party buat PK012 yang... ehm.. cie udah jadi alumni.

Gak gampang buat kita untuk bikin acara H-1minggu. Tapi Alhamdulillah acaranya lancar di tanggal 26 kemaren.


Dan masih ada 1 perjuangan lagi di bulan Mei. Yaitu nyiapin buat tampil teater di wisuda 012 yang diadain tadi siang. Yep, the 31st of May.

Alhamdulillah, bulan Mei dittutup oleh penampilan yang (kata kakak-kakak 012 sih) sukses :D

Btw, semua cerita gue diatas, gak ada maksud buat nyombongin diri atau gimana. Tapi mau berbagi cerita aja. Kalo, apa yang lo usahain maksimal, hasilnya juga bisa maksimal kok. Dan setiap kesusksesan ada jatohnya sebelumnya. And that's the moment for you to say to the world, "Yes, I can."

Lesson learnt: Hambatan itu pasti ada karena tanpa hambatan kita tidak dapat menemukan Kuat Arus dan Tegangan. Tinggal kita gimana manfaatin hambatan itu jadi kesempatan.

I hope you guys are motivated with my May Story. Well, mulai dari air mata sedih sampe seneng. Thank God for the lesson you gave me. Bener-bener ngajarin gue untung pantang menyerah. Kalo di masa SMA aja kita udah nyerah, gimana nantinya? Ayo, semangat! Dunia di luar lebih kejam, tapi kalo kita berjuang maksimal dan pantang menyerah, kita terlalu berharga untuk merasakan kejamnya dunia. Life is hard yet beautiful, overall we worth it :)

Selamat jalan Mei. Selamat datang Juni. May was so full of lessons. June, you'll soon be fun.

Wish me luck for UAS!

Stay positive,
Gita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar